Wow, Ada Domba Bertanduk Lima di Kuningan

oleh -23 views

Kabarsiana.com, KUNINGAN – Seekor domba di Desa Seda, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menarik perhatian dan menjadi tontonan warga sekitar. Sebab, domba bernama Panca ini, memiliki lima buah tanduk di kepalanya.

Lima buah tanduk ini membuat Panca menjadi domba yang unik, karena pada umumnya seekor domba hanya memiliki dua buah tanduk di kepalanya. Baca Juga: Unik, Bocah Asal Buton Ini Punya Bola Mata Biru

Pemilik Panca, yakni Yayan Supiran mengatakan, banyak tetanga di sekitar rumahnya merasa penasaran dengan keunikan yang dimiliki oleh Panca. Yayan mengaku, bila Panca dibiarkan lepas di depan beranda rumahnya, maka tetangga sekitar akan datang dan melihat Panca bak selebriti.

“Kalau saya bawa Panca ke depan rumah, tetangga pasti datang dan penasaran sama Panca. Apalagi tetangga yang baru pulang kampung. Mereka penasaran sama tanduk Panca,” kata Yayan seperti dikutip dari Okezone, Sabtu (14/11).

Yayan sendiri awalnya tidak menyangka kalau Panca akan memiliki lima buah tanduk. Saat dibeli dari seorang peternak domba di Lamongan, Jawa Timur pada bulan Maret lalu, Panca tidak menunjukan keanehan sama sekali.

Baca Juga :   Pengamanan PSBB Total Libatkan 6.800 Personel Gabungan

Ketika Panca berumur empat bulan, sambung Yayan, lima tanduk di kepala Panca itu mulai tumbuh. Yayan kemudian memisahkan Panca dengan domba lainnya di kandang. Ia menyebut, Panca memiliki tiga buah tanduk berada di bagian kanan, dan dua buah tanduk di bagian kiri.

“Saya namakan Panca karena dia punya tanduk lima. Tiga tanduk di kepala bagian kanan. Dua lainnya di bagian kiri. Awalnya tidak ada keanehan. Tapi setelah beberapa bulan tanduknya ini tumbuh,” ujar Yayan.

Dia menjelaskan, Panca juga memiliki sedikit perbedaan dalam perilakunya. Domba yang ia pelihara ini, kerap menghampirinya saat ia sedang meminum kopi di depan rumahnya. Selain itu, Panca juga sangat jinak.

“Panca tidak agresif. Tidak kaya domba lain. Dia justru jinak dan manja. Kalau saya lagi minum kopi, terus manggil dia, dia akan mendekat. Awalnya saya iseng, tapi lama kelamaan kayaknya dia mau minum kopi,” imbuhya.

Apabila Panca sudah berumur sekitar satu tahun, Yayan berencana akan menjual domba bertanduk limanya itu. Namun, ia tidak mau menjual Panca dalam bentuk uang, tapi ditukar dengan sebuah barang.

Baca Juga :   Tim Advokasi Novel Baswedan Ajukan Enam Tuntutan

“Nanti dijual. Mungkin nanti dibarter sama kendaraan seperti Yamaha NMAX. Ini bisa jadi kenang-kenangan kalau saya pernah melihara Panca,” ucap dia. (*/ari)