Ummi Raih Dwi Gelar Di Kejuaraan Asia Timur Yunior 2019

oleh -42 views

Kabarsiana.com, BATANGAS – Pecatur Putri Yunior Indonesia WFM Ummi Fisabillah sukses meraih gelar Juara Eastern Asia Junior & Girls Chess Championship 2019 yang berlangsung di Batangas, Filipina Minggu (15/12/2019).

Pada Kejuaraan yang berlangsung mulai 9-16 Desember itu, sebagai juara Ummi juga berhak menyandang gelar WIM dan meraih norma pertama untuk gelar WGM.

Ummi Fusabillah (2166) pecatur asal DKI Jakarta menyelesaikan 9 babak catur standar (klasik) finis dipuncak klsemen dengan 7,5 angka kemenangan. Posisi itu dipastikan setelah babak 9 Ummi memainkan buah hitam menumbangkan pecatur tuan rumah Jesca Docena.

Membuntuti Ummi diposisi kedua dan ketiga pecatur tuan rumah WFM Aleney Jia G. Doroy (6.5) dan WIM Kylen Joy Mordido (6).

Kabid Binpres PB. Percasi Kristianus Liem dari Batangas menyatakan, penampilan Ummi di arena Eastern Asia Yunior sangat stabil dan bermain penuh percaya diri untuk merebut gelar juara. “Sepertinya kualitas Ummi bisa bertahan usai membela Indonesia di arena SEA Games 2019 Filipina dan puncaknya dia juara” ujar Kristianus Liem.

Baca Juga :   Barca Tanpa Tiga Pilar Hadapi Derby Catalan

Pada bagian lain Kristianus Liem juga menambahkan, tampilnya pecatur yunior Indonesia pada Eastern Asia Junior 2019 mendapat dukungan langsung dari PT. JAPFA Comfeed Indonesia TBK bagi lima pecatur yang sebelumnya berpretasi di arena Kejuaaraan Yunior Asia 2019 di Solo, Jawa Tengah Juli lalu.

Sebelumnya di arena SEA Games 2019 Ummi juga tampil mengesankan menyumbang medali perak untuk nomor catur cepat (rapid chess) perseorangan putri.

Namun sukses Ummi tidak diikuti dua pecatur muda Indonesia yang bermain di katagori yunior putra IM Gilbert Elroy Tarigan (2210) dan FM Daniel Hermawan Lumban Tobing (2216). Menyelesaikan 9 ronde Gilbert finis diurutan 7 dengan 5 angka kemenangan sama dengan Daniel diurutan 8. (*/rri)