Turun ke Jalan, Bantuan untuk Palu-Donggala Ditarget Rp1 Miliar

oleh -40 views
Walikota Batam, Muhammad Rudi turun langsung ke jalan untuk menggalangan sumbangan dari masyarakat dan pengguna jalan di sejumlah titik persimpangan strategis Kota batam.

BATAM (BM)–Walikota, Wakil Walikota, bersama pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Batam kembali turun ke jalan untuk galang dana bantuan. Kali ini penggalangan dana ditujukan untuk korban bencana gempa serta tsunami di Palu, Donggala, dan daerah terdampak di Sulawesi Tengah lainnya.

Aksi pengumpulan dana masyarakat ini akan berlangsung hingga 16 Oktober mendatang di beberapa titik persimpangan Kota Batam.

“Ini aksi kita yang kedua. Sebulan lalu kita juga turun ke jalan, menggalang dana untuk korban bencana Lombok,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa kebersamaan. Lokasi poskonya antara lain di Kantor Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat di Sekupang, Taman Makam Pahlawan di Batuaji, Simpang BNI, Simpang Masjid Agung di Batam Centre, Simpang Kabil, dan Simpang Masjid Baitussyakur Jodoh.

Selain itu, Pemko Batam juga membuat surat edaran yang berisi imbauan untuk himpun dana per kelompok. Surat disampaikan ke instansi, perguruan tinggi, sekolah-sekolah, perusahaan, rumah ibadah, pusat perbelanjaan, organisasi masyarakat, dan komponen masyarakat lainnya.

Baca Juga :   Begini Cara Bertahan Hidup Saat Terjadi Kecelakaan Penerbangan

Juga disiapkan rekening khusus bantuan Batam Peduli di empat bank. Yakni Bank Riau Kepri di nomor 106.20.00250, BRI 0659.01.000254.30.3, BNI 0776877681, dan Bank Mandiri 109.05000.88885.

“Bagi kelompok masyarakat yang ingin ikut turun galang dana di jalan, harus mendapat rekomendasi dari Pemko Batam. Relawan bisa menggunakan semua simpang berpotensi. Tapi tetap jaga keselamatan bersama,” ujarnya.

Aksi penggalangan dana untuk Palu-Donggala ini ditargetkan dapat mengumpulkan bantuan hingga Rp 1 miliar. Sementara pada aksi penggalangan dana Peduli Lombok kemarin, terkumpul dana Rp 722 juta. Serta ada tambahan bantuan yang dikoordinir Kantor Kementerian Agama Kota Batam sebesar Rp 200 juta. Sehingga total dana yang akan disalurkan dari Batam ke Lombok sebanyak Rp 922 juta.

Rudi mengatakan bantuan untuk Lombok akan segera diserahkan ke pemerintah daerah setempat. Bantuan rencananya diantar langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setdako Batam mewakili pemerintah dan masyarakat Batam.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dalam arahannya sebagai pemimpin apel penggalangan dana, mengatakan Republik ini dibangun atas rasa berkita atau rasa bersama. Semoga kegiatan ini
membawa kebaikan dan bermanfaat bagi saudara sebangsa. (*)

Baca Juga :   Deklarasi Pemilu Damai, LMB Kepri Kumpulkan Berbagai Elemen dan Tokoh Agama di Tanjungbalai Karimun

 

Sumber: mcbatam

Editor: Ryan Syair