Tolak Hasil Pilpres, Pendukung Trump Unjuk Rasa di Seluruh AS

oleh -23 views

Kabarsiana.com, WASHINGTON – Para pendukung Donald Trump berunjuk rasa di seluruh Amerika Serikat, Sabtu (12/12/2020) memprotes hasil pilpres AS 2020 yang memenangkan Joe Biden.

Kelompok-kelompok konservatif itu menuduh sang presiden terpilih melakukan kecurangan dalam pilpres AS.

Penyelenggara unjuk rasa bertajuk Stop The Steal, masih terkait dengan kelompok pro-Trump yang dipimpin politikus konservatif Roger Stone, serta kelompok gereja mengajak para pendukung untuk melakukan aksi ‘Jericho Marches’ serta doa bersama.

Unjuk rasa juga digelar di Negara Bagian Georgia, Pennsylvania, Michigan, Wisconsin, Nevada, dan Arizona, wilayah di mana kubu Trump memperjuangkan suara mereka melalui gugatan hasil pilpres.

Lebih dari 50 putusan pengadilan federal dan negara bagian memberikan kemenangan bagi Biden. Mahkamah Agung AS pada Jumat lalu menolak gugatan yang diajukan Texas.

“Apa pun keputusannya kemarin, semua orang menarik napas dalam-dalam,” kata Mike Flynn, veteran jenderal Angkatan Darat yang juga mantan penasihat keamanan nasional Trump, yang ikut berunjuk rasa di depan Gedung Mahkamah Agung, dikutip dari Reuters, Minggu (13/12).

Baca Juga :   Komisi II Tolak 500 TKA China ke Sultra

Ini merupakan kesempatan pertamanya menyampaikan pidato publik sejak Trump memaafkannya pada 24 November lalu terkait tuduhan soal campur tangan Rusia dalam pilpres AS 2016 silam.

“Tanggung jawab saya kepada Anda adalah kembali ke tempat asal Anda dan mengajukan tuntutan. (Konstitusi AS) Bukan tentang kebebasan kolektif, tapi kebebasan individu dan mereka merancangnya seperti itu,” kata Flynn, merujuk pada putusan MA yang menolak gugatan Texas.

Trump masih menolak mengakui kekalahannya atas Biden dengan alasan pilpres AS diwarnai kecurangan masif, meskipun tanpa bukti.

Dia disambut meriah oleh massa yang berkumpul di Washington DC saat dalam perjalana menuju Pangkalan Angkatan Udara Andrews di luar ibu kota serta saat menghadiri pertandingan American football di New York. Massa bersorak sorai saat helikopter Marine One membawanya.

Para pendukung Trump membawa bendera dan berbagai tulisan, berjalan menuju gedung Kongres dan Mahkamah Agung melalui pusat kota Washington DC.

Sekitar 200 anggota Proud Boys, kelompok sayap kanan, bergabung dalam unjuk rasa di dekat Trump Hotel. Banyak yang mengenakan seragam militer, rompi balistik, serta helm.

Baca Juga :   Mengenal 7 Negara Tertua di Muka Bumi

Mereka juga membawa truk trailer dengan bendera Trump 2020 dan tanda ‘Trump Unity’ sambil menyanyikan lagu country ‘God Bless the USA’. (*/wal)