Tingkatkan Kemampuan Wartawan, Bupati Buka UKW Angkatan I Jurnalis Wilayah Kerja Natuna

oleh -50 views
Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal membuka UKW Angkatan I di Ranai, akhir pekan. (foto : humas)

NATUNA, (BM)- Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, secara resmi didaulat membuka pelaksaan uji kompetensi wartawan (UKW) Angkatan I, tahun 2018 yang diselenggarakan oleh PWI Natuna di RM. Sisir Besisir, Ranai, akhir pekan lalu.

Kegiatan itu, juga dihadiri Wakil Bupati Natuna beserta jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua organisasi profesi pers dan tokoh masyarakat setempat.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada PWI Natuna yang menjadi penyelenggara kegiatan atas aspirasi segenap awak media yang bertugas di wilayah kerja Kabupaten Natuna.

“Kegiatan ini penting bagi upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri para wartawan dilapangan dalam tugasnya sebagai pewarta, menjembatani informasi, mencerdaskan rakyat serta menjalankan peran kontrol sosial,”kata Hamid Rizal.

Hamid Rizal juga menambahkan bahwa jajaran pemerintah daerah juga akan mendukung terwujudnya pemberitaan dan informasi yang seimbang, sebagai harapan bentuk dukungan dalam mewujudkan transparansi serta implementasi keterbukaan informasi publik, sesuai Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008.

Baca Juga :   Gratis, Pemko Batam Minta Pengusaha Restoran Urus Izin Layak Sehat untuk Dukung Pariwisata

Namun yang tidak kalah pentingnya, Hamid Rizal juga mengharapkan kepada awak media untuk membantu mengatasi penyebaran hoax yang akan menimbulkan keresahan maupun perpecahan ditengah masyarakat.

Ketua Tim Penguji dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta Agung Probowo, pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan pengurus PWI Kabupaten Natuna yang telah berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan UKW di daerah.

Agung sedikit menjelaskan bahwa APN yang berdiri sejak tahun 1959 adalah salah satu institusi yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi yang fokus pada bidang jurnalistik sebagai hasil inisiatif dari pengajuan ijin kepada Dewan Pers.

“Upaya sertifikasi bagi para wartawan merupakan salah satu kepedulian bagi meningkatkan kompetensi dalam pelaksanaan tugas yang semakin dinamis, terlebih lagi saat reformasi bergulir, yang memberikan kebebasan setiap orang untuk membentuk badan usaha bidang jurnalistik tanpa harus melalui ijin khusus dari pemerintah,”ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa terdapat beban moral dalam menjalankan tugas sebagai jurnalis, karena dalam menghasilkan karya tulis informasi harus pula mempertimbangkan penerapan kode etik jurnalistik, serta pengaruh terhadap masyarakat.

Baca Juga :   Lumpur Menyembur di Blora, Belasan Kerbau Hilang

“Terlebih, lagi saat ini terjadi kemajuan teknologi informasi dimana masyarakat dapat mengakses informasi secara mudah dan cepat,”ungkap Agung.

Ketua Pelaksansa yang juga Ketua PWI Natuna, Ramayulis Piliang melaporkan kegiatan ini merupakan inisiatif dari sebagian awak media Natuna untuk meningkatkan motivasi kerja dan kompetensi diri dalam pelaksanaan tugasnya.

Dijelaskannya, adapun peserta yang ikut UKW sebagai angkatan pertama yang diselenggarakan di Kabupaten Natuna kali ini sebanyak 18 orang dengan rincian 6 orang Wartawan Tingkat Muda, 6 Orang tingkat Madia dan 6 orang tingkat Utama. (*/rls)

EDITOR : INDRA HELMI
SUMBER : HUMAS