Tentara India dan Pakistan Baku Tembak di Perbatasan, Belasan Orang Tewas

oleh -21 views

Kabarsiana.com, SRINAGAR – Pasukan India dan Pakistan terlibat bentrokan bersenjata pada Jumat (13/11/2020) waktu setempat. Korban tewas bertambah dalam pertempuran paling berdarah dua negara bertetangga dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam bentrokan di perbatasan Kashmir itu, tentara India dan Pakistan saling serang menggunakan senjata artileri. AFP melaporkan, Sabtu (14/11/2020), korban tewas dalam insiden bersenjata tersebut bertambah menjadi 13 orang serta puluhan lainnya mengalami luka-luka

Laporan media lokal menyebut pertempuran memaksa ratusan penduduk yang tinggal di sepanjang garis kontrol (LoC) di teritori India meninggalkan rumah dan desa mereka menghindari potensi terburuk. Sementara itu, pejabat Pakistan mengatakan puluhan rumah milik orang Pakistan yang berada di wilayah India dibakar oleh penduduk asli setempat. Belum ada keterangan resmi dari otoritas India mengenai tuduhan tersebut.

Juru bicara militer dan kepolisian India mengatakan empat tentara dan empat warga sipil India, termasuk seorang anak-anak berusia 8 tahun tewas. Korban luka baik dari militer maupun sipil sejauh ini dilaporkan sebanyak 12 orang

Baca Juga :   Vanuatu Harus Berhenti Campuri Urusan Papua

“Pakistan menggunakan mortar dan senjata lain. Merea juga menargetkan area warga sipil,” demikian pernyataan militer India.

AFP melaporkan, setidaknya ada lima pertempuran tentara India-Pakistan di sepanjang perbatasan tidak resmi sejauh 740 kilometer. Menteri senior Pakistan Kashmir mengatakan lima orang tewas dan 31 terluka dalam pertempuran sengit di Lembah Neelum dan Jhelum.

Militer Pakistan mengonfirmasi satu orang yang tewas merupakan tentara. India dan Pakistan saling berbalas tembakan artileri di Garis Kontrol dan selalu saling menyalahkan. Kashmir terpecah dan diperebutkan kedua negara sejak 1947. Sejak itu India dan Pakistan sudah terlibat tiga perang besar. (*/ini)