Sunua, Pantai Indah Nan Memesona

oleh -78 views

PANTAI SUNUR atau dalam dialeg masyarakat setempat akrab dengan nama Sunua, bukanlah tergolong kawasan wisata bahari yang baru di Kota Pariaman. Namun, keberadaannya seperti kalah bersaing dengan Pantai Gandoriah, Pantai Cermin, Pantai Tiram dan juga Pantai Kata.

Padahal, berwisata ke pantai ini, dijamin mengasyikkan apalagi kawasannya bisa dikatakatakn masih alami dan jauh dari sentuhan tangan-tangan jahil yang biasa mencoret-coret ataupun membuang sampah sembarangan yang membuat kawasan pantai menjadi kotor.

Pantai Sunur berlokasi di Desa Sunur, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Posisinya dekat dengan muara sungai dan berjarak tak berapa jauh dari Pantai Kata.

Jika pantai lainnya di Kota Pariaman dipenuhi berbagai jenis bangunan dan pohon kelapa, maka di Pantai Sunua justru dipenuhi oleh deretan pohon cemara dan pinus yang berjejer rapi di sepanjang kawasan pantai.

Dengan padanan pantai lepas yang dipagar pohon pinus, maka kawasan nan eksotik itu selalu ramai dikunjungi saat sore hari menjelang matahari terbenam. Para pemburu spot sunset banyak ditemui di sini.

Baca Juga :   Bandeng Rorod, Sensasi Kuliner Khas Bekasi

Alunan gelombang yang teratur dan puluhan perahu nelayan yang beerjejar di pinggir pantai sebelum melaut, tentu saja menambah pesona dari kawasan ini.

Tak salah kiranya kalau Pantai Sunur perlahan tapi pasti, mulai menggusur dominasi pantai-pantai lainnya yang telah lebih dulu dikenal publik Pariaman.
Jika pantai lainnya di Pariaman hanya dikenal dengan keindahan dan kuliner saja, maka kalau kita ke Sunur, potensinya semakin lengkap. Karena di daerah ini ada aliran silat yang sangat terkenal dan mashur yaitu Silek Sunua.

Untuk kuliner, tentunya tak berbeda dengan kawasan wisata lainnya di Pariaman. Di Pantau Sunur kita juga dengan mudah menemukan Gulai Kapalo Lauak dan Nasi Sek.

Nah tunggu apa lagi, kami merekomendasikan Pantai Sunur untuk anda melepas lelah dalam palunan suasana pantai alami nan eksotik dan jauh dari kebisingan selain deburan ombak tentunya. ***