Sungai Talang Meluap, Belasan Rumah di Agam Terendam Banjir

oleh -59 views

AGAM (BM)– Belasan rumah di Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Talang, usai hujan mengguyur daerah itu, Senin (22/10), sekitar pukul 16.30 WIB.

Salah seorang warga Lubukbasung, Eka Andriani (34) di Lubukbasung, Senin, mengatakan, air mulai naik sekitar pukul 16.30 WIB dan beberapa menit setelah itu air langsung besar sekitar satu meter merendam rumah.

“Air dengan cepat naik sehingga mengenangi rumah sekitar satu meter dan air datang seperti tsunami,” katanya.

Saat air setinggi 30 centimeter, katanya, ia beserta tiga orang anak mengungsi ke rumah tetangga.

Sementara sepeda motor diangkat oleh warga sekitar ke lokasi aman. Sedangkan perabot terendam air, sementar ijazah, telepon genggam dan lainnya hanyut.

Namun pada pukul 18.15 WIB, tambahnya, air sudah kering dan saat ini pihaknya sedang membersihkan rumah dari material lumpur.

Untuk sementara Eka Andriani akan mengungsi di rumah orang tua di Padang Ambacang, Kecamatan Lubukbasung, tidak jauh dari lokasi.

“Dua ekor sapi milik tetangga atas nama Asrul (58), hanyut di Sungai Talang. Di Ujung Labuah ini juga ada empat rumah tetangga yang terendam banjir,” katanya.

Sementara warga lainnya, Asrial (61), menambahkan air mengenangi rumah sekitar 50 centimeter.

Selain rumah, ayam miliknya juga hilang dan satu hektare lahan jagung yang akan panen juga direndam banjir

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Wahyu Bestari, menambahkan, pihaknya sedang melakukan pendataan terkait jumlah rumah, lahan pertanian terendam banjir dan ternak warga yang hilang.

“Kita juga melakukan pendataan kerugian akibat banjir itu,” katanya diwartakan antarasumbar. (*)

 

Baca Juga :   RSUD Depok Gratiskan Obat Gigitan Ular Kobra

Editor: Ryan Syair