Sungai Mandau Siak Raih Predikat Kecamatan Terbaik se-Provinsi Riau

oleh -69 views

Kabarsiana.com, SIAK SRI INDRAPURA – Pemerintah Kecamatan Sungai Mandau berhasil meraih peringkat Kecamatan terbaik se Provinsi Riau tahun 2019. Atas prestasi itu pula, Camat Sungai Mandau Novendra Kasmara menerima penghargaan dari Gubernur Riau, Drs H Syamsuar pada acara Rapat Kordinasi Gubri dengan Forkompinda, Bupati serta Walikota se Provinsi Riau di Hotel Premiere Pekanbaru.

Selain menyampaikan kepada Camat Sungai Mandau, dalam kesempatan yang sama juga Bupati Siak, Alfedri menyampaikan 3 point penting yang dilakukan Pemkab Siak serta Forkompinda dalam menghadapi tahun 2020.

Tiga point penting itu diantaranya, antisipasi kebakaran lahan pada musim kemarau tahun 2020, persiapan menghadapi natal dan tahun baru 2020, serta persiapan pelaksanaan pemilihan Pilkada serentak tahun 2020.

“Menyikapi musim kemarau diperkirakan akan terjadi pada Februari hingga April 2020, dan pada Bulan Agustus hingga Oktober Tahun 2020 mendatang, kita sudah lakukan persiapan serta upaya untuk mencegah terjadinya karlahut di Siak,” kata Alfedri sebagaimana dikutip dari laman GoRiau.com usai mengikuti rapat yang dipimpin Gubernur Riau Syamsuar, Rabu (11/12).

Baca Juga :   Korupsi Dana Desa Rp1,3 Miliar, Mantan Kades di Boyolali Jadi Tersangka

Selain meningkatkan kerjasama dan sinergi dengan Forkompinda dan pihak terkait dan sosialisasi kepada masyarakat, Bupati Alfedri mengatakan akan memberikan perhatian serius pada lahan perkebunan masyarakat yang tidak terawat, karena dikhawatirkan rawan terbakar.

Selain itu Pemkab Siak juga akan melakukan pembinaan perkebunan swadaya untuk melakukan praktek-praktek perkebunan yang baik atau (Good Agricultur Practise).

“Pemkab Siak telah melaksanakan rapat singkronisasi penyelenggaraan pemerintah daerah bersama Forkompinda, untuk membahas langkah antisipasi dengan melibatkan perusahaan perkebunan dan HTI, manggala agni, masyarakat peduli api dan kampung rawan karhutla,” kata Alfedri.

Sementara itu persiapan pengamanan natal dan tahun baru, dirinya melaporkan kepada Gubernur di Kabupaten Siak diperkirakan terdapat 156 gereja yang akan merayakan kebaktian Hari Natal dan Tahun baru.

Untuk itu, pihak gereja dan upika akan berkoordinasi terkait pengamanan dan ketertiban pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru tersebut.

Demikian juga untuk antisipasi peningkatan arus lalu lintas, diperkirakan akan terjadi peningkatan volume lalu lintas kendaraan arus mudik termasuk di pelabuhan dan terminal.

Baca Juga :   1.700 Tambang Emas Ilegal Ditertibkan di Banten

“Untuk mengantisipasi resiko kecelakaan kemacetan dan penumpukan penumpang, akan dilakukan pengawasan dan pengendalian pada titik-titik rawan berupa posko bersama,” jelasnya.

Terkait pemilihan Pilkada Serentak di kabupaten Siak tahun 2020, orang nomor satu Negeri Istana itu menyebut guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu telah dilaksanakan sosialiasi peraturan perundang-undangan politik dan penyaluran bantuan kegiatan partai politik melalui kantor Kesbang Kabupaten Siak.

Untuk persiapan Pilkada Tahun 2020 kata dia, juga sudah disiapkan dana hibah untuk penyelenggaraan Pilkada kepada KPU Kabupaten Siak, untuk pengawasan kepada Bawaslu Kabupaten Siak, dan Pengamanan Pilkada ke Polres Siak, yang pada saat ini sudah dilakukan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)

“Selain itu wujud refleksi kebijakan strategis 2020 mendatang, dilakukan penguatan kerjasama antar stakeholder, diantaranya bersama Bawaslu dan pihak terkait memetakan, mengelola dan mengantisipasi potensi konflik, pelanggaran dan kerawanan Pilkada. Serta berkoordinasi dengan TNI Polri untuk ketertiban dan keamanan sesuai arahan Kapolri dan Mendagri,” ujarnya. (*/gri)