Sudah Lama Vakum, Askab PSSI Kabupaten Solok Segera Gelar Kongres

oleh -50 views
Alfis Primatra.

SOLOK, BM– Jika tidak ada aral melintang, Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Solok Sumbar, akan menggelar Kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) daerah penghasil beras ternama itu, pada tanggal 27 Desember 2018 mendatang.

Acara Kongres Askab PSSI Kabupaten Solok tersebut, rencananya akan digelar di Alahan Panjang Resort atau Convention Hall, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti.

Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat, Hendra Dupa, kepada media ini, Selasa (19/12) mengatakan, dilaksanakannya Askab PSSI Kabupaten Solok priode 2018-2022 itu, untuk kelancaraan Askab PSSI Kabupaten Solok sendiri yang sudah lama vakum dan saat ini diambil alih oleh Asprov PSSI Sumatera Barat.

“Kami berharap, dengan akan dilaksanakannya kongres Biasa Askab PSSI Kabupaten Solok, maka diharapkan terpilih Ketua baru untuk pembinaan olahraga sepakbola di daerah tersebut,” kata Hendra Dupa.

Hendra yang juga seorang wartawan senior ini menyebutkannya, saat ini Asprov PSSI Sumbar, sudah menyetujui tanggal dan hari kongres dan sudah menunjuk Panitia Pelaksana Kongres.

Baca Juga :   Perolehan Medali SEA Games 2019 Sampai Pukul 23.00 WIB

Yang diketuai oleh Alfis Pramitra dan Sekretaris Sofriwandi NR serta anggota Randa Sandria serta dilengkapi beberapa orang anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan.

“Kita juga sudah menyetujui tahapan kongres yang akan dilaksanakan dengan persyaratan yang telah ditetapkan Askab PSSI Kabupaten Solok, sejauh tidak bertentangan dengan Statuta Asprov PSSI Sumbar dan Statuta Askab PSSI Kabupaten Solok,” jelas Hendra Dupa.

Sementara itu,  Ketua Panitia pelaksana Kongres, Alfis Primatra, yang juga Sekum Solok FC ini menyebutkan, bahwa Kongres PSSI Kabupaten Solok nantinya akan diikuti oleh utusan Klub sepakbola dari Kecamatan, SSB, Sepakbola Putri dan juga dari utusan cabor.

“Kasihan nasib sepakbola kita bagai anak ayam kehilangan induk sejak pengurus lama tidak jelas. Apalagi kemaren kita juga tidak mengirim sepakbola pada Porprov di Padang Pariaman. Padahal sepakbola adalah Olahraga favorit di seluruh jagad raya,” tutur Alfis Primatra.

Alfis mengemukakan, bahwa Asprov PSSI Sumbar juga sudah mendesak agar Kongres Askab PSSI Kabupaten Solok segera dilaksanakan, karena waktunya sudah sangat mendesak dan singkat.

Baca Juga :   Laga Ke-200 Zidane Bersama Madrid Berbuah Kemenangan

Untuk itu, pihaknya sudah menetapkan tahapan menuju kongres Askab PSSI Kabupaten Solok tahun 2018, seperti pemberitahuan pelaksanaan kongres dari tanggal 19 hingga tanggal 22 Desember 2018.

Selanjutnya pengiriman mandat peserta kongres mulai tanggal 20 hingga 24 Desember dan pengembalian mandat juga berakhir tanggal 24 Desember 2018.

Kemudian pengajuan dan pengambilan formulir bakal calon ketua, Wakil Ketua dan anggota Exco dimulai tanggal 20 dan berakhir tanggal 24 Desember 2018.

Lalu pengumuman bakal calon tanggal 25 Desember dan proses pengajuan banding tanggal 26 Desember dan proses Sidang Komite juga tanggal 26 Desember 2018 dan selanjutnya tanggal tersebut juga dilakukan pengumuman final bakal calon ketua, Wakil Ketua dan exco.

“Selanjutnya baru dilaksanakan kongres tanggal 27 Desember 2018 sekaligus pelantikan pengurus terpilih ” katanya. (angga/rjt)