Subbet, Kuliner Unik Bumi Sikerei

oleh -31 views

KEPULAUAN Mentawai merupakan gugusan pulau yang secara geografis terletak di Samudera Hindia dan secara administratif masuk ke dalam wilayah Provinsi Sumatra Barat.

Kepulauan Mentawai tepatnya berada di sisi barat Provinsi Sumatra Barat. Dan daerah yang dikenal dengan nama lain Bumi Sikerei ini juga satu-satunya wilayah Sumatera Barat yang tak berada di Pulau Sumatera.

Kepulauan Mentawai juga terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotik serta dikenal sebagai daerah yang memiliki tato tertua di dunia. Selain dikenal sebagai surga dunia berkat keelokan panorama alamnya.

Daerah ini juga menawarkan makanan khas Mentawai yang diolah secara sederhana, namun cita rasanya menggambarkan kehidupan suku yang mendiami Bumi Sikerei itu (julukan untuk daerah Mentawai).

Salah satunya adalah subbet, kuliner ini merupakan makanan khas Mentawai yang dijadikan makanan pokok, selain sagu dan pisang. Terbuat dari campuran keladi dengan pisang dan dibaluri dengan parutan kelapa.

Meski merupakan makanan tradisional setempat, namun penimat subbet tak hanya masyarakat Mentawai. Namun juga masyarakat lain yang berkunjung ke sana.

Baca Juga :   Ketua Bhayangkari Riau Kelilingi Kota Siak dengan Sepeda

Subbet kalau dilihat tekstur dan rasanya, mirip onde-onde. Namun karena diolah langsung dari bahan yang dipetik di kebun, tentunya cita rasa subbet jauh lebih gurih dan enak.

Rugi sekali kalau kita datang ke Mentawai menikmati pesona keindahan alam tanpa mencicipi subbet. Sebab, subbet hanya ada di Kepulauan Mentawai. Sebab, subbet hanya diolah dari paduan keladi rebus, pisang rebus dan kelapa sehingga membentuk rasa yang manis secara alami. Tak ada bumbu lain seperti garam dan gula, semuanya serba alami. ***