Sawah Berusia 6.300 Tahun Ditemukan di China

oleh -53 views

Kabarsiana.com, YUVAO  – Sawah tertua di dunia ditemukan di China yang diperkirakan berusia 6.300 tahun. Sawah seluas 222 hektar dengan pola papan centang kuno ini ditemukan di kota Yuyao, Provinsi Zhejiang, China timur.

Para arkeolog mengatakan awah memiliki bentuk berbeda di tiga periode prasejarah yang berlangsung sekitar 2.000 tahun, dengan yang tertua berasal dari sekitar 4300 Sebelum Masehi (SM).

Dikutip CGTN, penemuan terbaru ini diumumkan Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Provinsi Zhejiang serta Institut Penelitian Manajemen Warisan Budaya Ningbo.

Sawah kuno ini terletak di luar Situs Hemudu, yang mengungkapkan artefak budaya Neolitik yang pernah berkembang di Cina dari 5500 SM hingga 3300 SM.

Peneliti di Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Provinsi Zhejiang Wang Yonglei, mengatakan para arkeolog telah menemukan beberapa sawah kuno yang lebih kecil di sini di masa lalu, dengan bukti yang tidak cukup.

“Sawah yang ditemukan di situs Shi’ao di Yuyao, Zhejiang berukuran besar dengan pola yang teratur,” terangnya.

Baca Juga :   400 Orang Ditangkap dalam Operasi Narkoba di Brasil

“Mereka dapat ditelusuri kembali ke awal Budaya Hemudu. Ini adalah sawah kuno skala besar terbesar dan tertua di dunia,” ujarnya. (*/sst)