Ramree, Pulau Paling Berbahaya di Dunia

oleh -28 views

BERLIBUR ke pulau mungkin jadi salah satu cara bagi kamu untuk melepas penat. Namun, enggak semua pulau di dunia bisa kamu kunjungi, ya, seperti halnya sebuah pulau di Myanmar ini.

Adalah Pulau Ramree, pulau ini dikenal sebagai salah salah satu pulau paling berbahaya di dunia. Bukan karena alamnya ataupun lokasi geografisnya, melainkan Pulau Ramree dikenal berbahaya karena salah satu penghuninya.

Dilansir Atlasobscura, pulau ini dihuni oleh buaya air asin yang tinggal di hutan bakau di sekitar pulau.

Dengan panjang mencapai 7 meter dan berat 998 kg, menjadikannya sebagai buaya paling besar di antara semua spesies buaya. Selain itu, jumlah buaya yang hidup di rawa-rawa ini hingga kini tak diketahui berapa banyak.

Dikutip dari All That Interesting, Pulau Ramree juga merupakan lokasi Perang Ramee pada Perang Dunia II. Pertempuran di pulau ini dinamai Pertempuran Pulau Ramree, yang berlangsung dari Januari sampai Februari 1945.

Kabarnya, dahulu ada sekitar 1000 tentara Jepang yang bersembunyi di sini dari tentara Inggris.

Baca Juga :   Gempa Berkekuatan 7,4 SR Guncang Selatan Meksiko, 1 Orang Tewas

Karena terpojok para tentara Jepang ini pun kabur melewati rawa habitat buaya muara. Karena Ramree dikenal sebagai pulau yang dihuni banyak buaya ganas.

Setidaknya ada 400 tentara yang tewas karena jadi santapan buaya tersebut.

Saking ganasnya lagi, konon ada juga yang mengeklaim bahwa korban tentara yang tewas dimakan buaya mencapai 980 orang dan menyisakan 20 orang.

Meski demikian, ada pula yang mengatakan bahwa kemungkinan penyebab meninggalnya tentara tersebut adalah karena dehidrasi, kena tembak tentara Inggris, tenggelam, dimakan hiu, dan kena penyakit semacam disentri.

Terlepas dari hal itu, peristiwa ini diabadikan sebagai “Most Number of Fatalities in a Crocodile Attack” di Guiness Book of Record” atau “Bencana Terbesar yang Dihadapi Manusia Akibat Hewan”. (*/kpr)