Program Padat Karya Dibuka, Ini Harapan Anggota Komisi IX DPR RI Suir Syam

oleh -38 views

PADANG PANJANG (BM) — Anggota Komisi IX DPR RI dr. H Suir Syam, M.Kes MMR, resmi membuka program padat karya infrastruktur di RT 20 Kampung Jambak Kel. Guguk Malintang Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Kamis (11/10).

 

“Program padat karya infrastruktur merupakan pengembangan dan peningkatan perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat tempatan,” kata Suir Syam.

 

Kegiatan padat karya infrastruktur di RT 20 Kampung Jambak tersebut, yakni berupa pengerjaan pengecoran jalan setapak. Jika tidak ada aral melintang, kegiatan tersebut direncanakan akan dimulai Jumat (12/10).

 

Dikatakan walikota Padang Panjang periode 2003-2013 itu, program padat karya infrastruktur merupakan inovasi Kementerian Ketenagakerjaan yang bermitra dengan Komisi IX DPR RI. Selain memperluas kesempatan kerja, kegiatan itu juga bertujuan untuk membangun sarana prasarana dan memberdayakan ekonomi warga.

 

“Meskipun itu bersifat sementara dan bukan pekerjaan reguler, program ini dipastikan akan menyerap tenaga kerja, khususnya bagi masyarakat pengangguran. Yang penting ada kegotong-royongan dari warga untuk berpatisipasi dalam pembangunan,” tandas Dewan Pembina DPP Partai Gerindra ini.

Baca Juga :   Bank Dunia Tolak Beri Pinjaman ke China

 

Mewakili Sumatera Barat dari daerah pemilihan 1, Suir Syam menyebut jika program padat karya itu merupakan wujud realisasi dari aspirasi masyarakat yang disambungkannya dengan pemerintah pusat, dalam hal ini pihak Kementerian Ketenagakerjaan.

 

“Alhamdulilah, pada tahun 2018 ini ada 13 paket aspirasi program ketenagakerjaan yang bisa saya mediatori. Selain 4 paket program padat karya infrastruktur, juga ada 9 paket program TKM. Semua dilaksanakan acak di beberapa daerah,” papar Suir Syam yang kembali ikut bertarung di Pilleg 2019 mendatang.

 

Melalui guliran program padat karya infrastruktur dan TKM itu, Suir Syam berharap akan mampu dalam menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Sumatera Barat, khususnya di daerah-daerah yang diwakilinya.

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan KPPT Kota Padang Panjang, Ewa Soska, SH mengatakan, program padat karya infrastruktur dan TKM, jelas bernilai sangat penting dalam menyerap tenaga kerja sementara. Secara tidak langsung, guliran program-program yang diboyong Suir Syam selaku anggota Komisi IX DPR RI, jelas akan sangat membantu dalam mengurangi angka pengangguran.

Baca Juga :   Kemenhub Kaji Kemungkinan Perpanjang Masa Larangan Mudik

 

“Ini merupakan penempatan tenaga kerja secara informal, karena kesempatan kerja di sektor formal masih sangat terbatas. Maka dari itu, sasaran utama program ini adalah penganggur atau setengah pengangguran. Semoga kegiatan ini bisa menambah penghasilan keluarga,” tutur Ewa. (*)

 

Editor: Ryan Syair