Penyelundupan 101 Kilogram Narkoba Digagalkan Polda Aceh

oleh -32 views

Kabarsiana.com, BANDA ACEH  – Direktorat Resor Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Aceh berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba. Dari pengungkapan tersebut, 101 Kilogram narkoba disita, yang terdiri dari 81 Kilogram sabu, dan 20 Kilogram ekstasi yang jumlahnya lebih dari 100 ribu butir.

Informasi yang diperoleh dari Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono, pengungkapan kasus tersebut berawal dari informasi yang diperoleh petugas pada 27 Oktober 2020. Di mana, ada kegiatan penyelundupan narkoba lewat jalur laut asal Malaysia masuk ke wilayah Aceh.

Setelah dilakukan penyelidikan, ada informasi kalau pada 30 Oktober 2020 sekira pukul 02.30 WIB akan ada penjemputan barang di Simpang Ulim yang akan dibawa ke Langsa. Petugas langsung melakukan penyergapan di Jalan Lintas Sumatera daerah IDI Cut Kabupaten Aceh Timur terhadap 1 mobil jenis Toyota Innova warna putih BL 1172 KL yang sebelumnya terdapat 2 mobil sebagai sweeper jenis Suzuki Ertiga warga putih dan Honda Jazz warna hitam di depan mobil target.

Baca Juga :   Empat Anak di Ciamis Diduga Keracunan Permen, Satu Meninggal

Sempat terjadi perlawanan oleh tersangka AB dan tersangka AS sehingga dilakukan tindakan tegas terukur. Saat dilakukan penggeledahan ditemukan 4 kantong plastik dengan isi 81 bungkus teh cina warna hijau berisi narkoba jenis sabu seberat 81 Kilogram dan 20 bungkus besar ekstasi 20 Kilogram.

Selanjutnya dilakukan pengejaran terhadap sweeper di mobil Ertiga dan kembali dilakukan tembakan terhadap tersangka L di bagian kaki. Begitu juga terhadap sopir dan pendamping yang ada di mobil Jazz warna hitam, yakni tersangka K dan N, mereka melakukan perlawanan dan kembali dilakukan tindakan tegas terukur.

Usai melakukan penyergapan, petugas melakukan penggerebekan di rumah penyedia boat atas nama tersangka H dan berhasil diamankan tanpa perlawanan di Kuala Simpang Ulim. Dilakukan penggerebekan di rumah Bantayan, dan didapatkan Tekong/Tawang atas nama JI yang berusaha melarikan diri, namun berhasil dilumpuhkan dengan tembakan di paha kanan dan tersangka IB tanpa perlawanan.

Para tersangka dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diobati. Namun, untuk tersangka JI meninggal dunia dalam perjalanan.

Baca Juga :   Jomblo Mana yang Ngga' Meleleh Lihat Pemandangan Begini, Netizen: Saya Nyesek!

Selain narkoba, ada sejumlah barang bukti yang turut disita, yakni 1 unit Toyota Innova, 1 unit Suzuki Ertiga, 2 unit Honda Jazz, 1 Unit Toyota Alfard, 1 unit sepeda motor Yamaha R15, 1 unit Yamaha N-Max, 2 unit Honda Beat. Kemudian, 13 HP, 5 dompet, 1 tas, 2 buku tabungan, dan paspor RI.(*/ari)