Penyelam TNI-AL Temukan Black Box Lion Air di Dasar Laut. Berikut Kesaksiannya!

oleh -46 views
Serpihan Badan Pesawat Lion Air JT610 yang Ditemukan. (foto : merdeka.com)

JAKARTA, (BM) — Kotak hitam atau yang biasa disebut black box pesawat Lion Air JT 610 akhirnya ditemukan. Black box ditemukan dihari keempat pencarian pesawat nahas yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) lalu.

Adalah Sertu Hendra, penyelam TNI-AL yang menemukan black box. Hendra beserta beberapa tim sempat putus asa untuk bisa menemukan kotak yang merekam seluruh percakapan di dalam kokpit pesawat itu.

“Memang kami putus asa pada saat mengkuti alat karena pertama-tama serpihan pesawat tidak banyak kami temukan hanya bongkahan kecil,” kata Hendra kepada wartawan di JICT, Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Kamis (1/11).

“Kami yakin terus kami ikutin alat kami kecilkan sensitifnya hingga area semakin mengecil, lalu pada tempat alatnya menimbulkan reaksi sensitif tersebut kami gali kami mendapatkan black box-nya,” tambahnya.

Black box ditemukan di kedalaman 30 meter

Hendra merasakan arus kencang awal membelah dalamnya lautan. “Dari alat yang kita dipinjamkan atau digunakan, kami percaya alat bahwa begitu kami turun arusnya kencang kemudian dengan keterbatasan kita menggunakan tali untuk tidak terlempar dan tidak terbawa arus karena tali tersebut agak menghambat, kami kembali lagi ke posisi awal untuk melepas tali,” jelasnya.

Baca Juga :   Black Box Lion Air Ditemukan, Tim SAR Mulai Proses Pengangkatan

Saat ditemukan, kata Hendra, kondisi black box masih dalam keadaan utuh. “Kondisi utuh kemudian hanya lecet-lecet dan terendam lumpur,” tutur Hendra. (*)

editor : helmi piliang
sumber : merdeka.com