Pemkab Siak Alokasikan Beasiswa untuk 2500 Mahasiswa Berprestasi

oleh -55 views

Kabarsiana. SIAK  – Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mengumumkan nama-nama penerima bantuan program beasiswa mahasiswa berprestasi bagi warganya yang telah mengajukan permohonan ke Disdikbud Siak sejak beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak H Lukman M.Pd, melalui Kasubag Umum Dori Putra sebagaimana dikutip dari laman publiknews,com menyebutkan, nama-nama penerima beasiswa berprestasi itu telah melalui serangkain seleksi dan verifikasi.

“Para penerima adalah mereka yang telah melalui serangkaian seleksi dan verifikasi yang cukup panjang,” jelasnya.

Nama-nama mahasiswa yang menerima program beasiswa tersebut, lanjutnya telah dimumkan melalui informasi tertulis yang ditempelkan/dipajang di dinding depan sebelah pintu masuk Kantor Disdikbud Siak.

Terkait sistem pnyalurannya, Doni mengatakan akan langsung ditransfer ke rekening penerima masing-masing, sehingga mahasiswa penerima tidak repot-repot lagi mendatangi Kantor Disdikbud Siak.

Menyinggung soal besaran (nilai uang, red) beasiswa yang akan disalurkan kepada mahasiswa berprestasi tersebut, untuk di tahun 2019 ini jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan yang tahun 2018 lalu. Hal itu dikarenakan adanya penambahan anggaran yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2019.

Baca Juga :   Penyiram Novel Hanya Dituntut 1 Tahun Penjara

Doni merinci, para penerima beasiswa berprestasi itu terdiri dari : 2.318 untuk jenjang D IV/S1. 39 orang untuk jenjang S2, 130 orang untuk jenjang D III dan sisanya sebanyak 13 orang untuk Fakultas Kedokteran Riau.

“Totalnya sebanyak 2.500 orang penerima,” imbuhnya.

Adapun untuk masing-masing mahasiswa akan menerima beasiswa sesuai dengan jenjang pendidikannya, yakni bagi jenjang D-IV dan S1 sebesar Rp2.000.000/orang, jenjang S2 Rp2.500.000/orang, jenjang D-III Rp1.700.000/orang. Sedangkan khusus untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran UR Rp22.700.000/orang,” imbuh Dori.

Lebih lanjut dikatakan, mahasiswa yang mendapatkan bantuan beasiswa dari Pemkab Siak tersebut, merupakan mahasiswa yang benar-benar berasal dari Kabupaten Siak, yang dibuktikan melalui KTP, KK, dan keterangan lainnya.(tok***)