Pemkab Kuansing Akan Tindak dan Tertibkan Agen Penjual Elpiji ‘Nakal’

oleh -39 views

KUANSING, (BM) – Kepala Dinas Koperasi, perindustrian, perdagangan usaha kecil menengah kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, Azhar akan segera menindak dan menertibkan agen elpiji ‘nakal’ yang menjual gas dengan harga diluar kewajaran.

“Kita akan tindak agen (elpiji) yang nakal. Karena kita kuatirkan agen ini yang bermain di lapangan,” kata Azhar kepada media ini, di Teluk Kuantan, Riau, Kamis (4/10).

Penindakan ini nantinya, kata Azhar, bertujuan untuk memberikan harga pasti kepada masyarakat di lapangan. Selain itu, untuk mencegah agar elpiji tidak dijual jauh lebih tinggi dari harga yang ada.

“Kita ingatkan penjual tidak boleh menjual elpiji sesuka hatinya. Kalau terbukti kita akan cabut izinnya,” ujarnya.

Dijelaskan Azhar, persoalan tingginya harga elpiji di beberapa daerah di Kuansing, tidak terlepas dari penyaluran elpiji yang tidak tepat sasaran. Sehingga pedagang tidak terkoordinir tersebut, bisa menaikkan harga sesuka hatinya.

“Nah ini yang membuat elpiji langka. Ketika langka harganya pasti akan melambung,”ungkap Azhar.

Menurutnya. harga elpiji belakangan ini di kota Jalur cenderung stabil. Namun, pihaknya selalu antisipasi dengan cara menertibkan agen dan para pedagang di pasaran.

Baca Juga :   5.240 Kantong Darah Terkumpul dari ASN Aceh

“Sampai saat ini belum ada laporan terkait harga dan kelangkaan elpiji 3 kg. Kalau selisih harga hingga dua ribu, saya rasa masih wajar apalagi di daerah terpencil,”tuturnya.

Pantauan dilapangan, banyaknya penjual elpiji 3 kg yang menyebar di kabupaten Kuansing dikuatirkan menimbulkan harga yg ditetapkan penjual ke masyarakat sangat jauh berbeda dari harga resmi yg ditetap kan. (*)

penulis : ardya
editor ; helmi