Pelaku UMKM Kelurahan Mekarsari Ikuti Pelatihan Aneka Olahan Produk Lokal

oleh -75 views

Kabarsiana.com, DEPOK – Puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, mengikuti pelatihan aneka olahan produk lokal di Wisma Hijau.

Pelatihan yang berlangsung tiga hari dari tanggal 1 hingga 3 Desember 2020 menampilkan Jajang Mulyono, pebisnis kuliner. Dia memberi pembekalan tips pengembangan usaha kuliner yang dimuali dari skala kecil.

Lurah Mekarsari Iqbal Faroid, dalam sambutannya, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk mendorong agar pelaku UMKM tetap eksis di tengah pandrmi Covid-19. Terlebih usaha kuliner banyak diminati masyarakat di tengah kesulitan ekonomi dewasa ini.

“Kegiatan ini sangat baik untuk menambah ilmu bagi pelaku UMKM di tengah pandemi. Semoga setelah pelatihan mereka bisa meningkatkan usaha sehingga bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” ucapnya.

Dengan demikian diharapkan perekonomian di Kelurahan Mekarsari tetap berjalan dengan baik.

Dalan kesempatan itu, Iqbal mengingatkan warga agar mematuhi protokol kesehatan agar penularan Covid-19 bisa diminimalisasi.

Sementara itu Jajang Mulyono, dalam pembekalannya, mengatakan bahwa dalam bisnis kuliner dibutuhkan inovasi. “Agar sajian ke konsumen tidak monoton maka harus ada inovasi baik dari cita rasa, kemasan pembungkus atau desain interior rumah makan,” ucap pemilik Obi Catering ini.

Baca Juga :   4.673 Anak di Sabang Terima Dana Geunaseh untuk Gizi

Di sini, dia juga mendemokan membuat minuman segar, membuat kuah kaldu daging sapi dan ayam, serta membuat bakso dari ikan lele.

Salah satu peserta Danu Nugroho merasa senang mengikuti kegiatan ini. Pelstihan itu membuat dia termotivasi untuk mengembangkan bisnis kuliner bakso aci yang sudah berjalan delapan bulan.

Dia berharap pelatihan tersebut berlanjut dengan materi berbeda. “Saya berharap ada pelatihan serupa dengan materi strategi pemasaran dan manajemen keuangan,” ujarnya.(ato)