Pantai Punagaan, Pesona Bumi Selayar

oleh -26 views

BERADA di ujung Timur Sulawesi Selatan. Terdapat sebuah panorama keindahan alam yang sangat menakjubkan untuk dinikmati, Namanya Pantai Punagaan, terletak di Desa Patilereng, Kecamatan Bonto sikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar. kemudian pantai ini menjadi salah salah satu destinasi wisata bahari favorit, bukan hanya diperuntukkan untuk wisatawan lokal hingga mancanegara.

Estetika keindahan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Selayar dengan julukan Tanahdoang tersebut memang sangat terkenal dengan banyaknya objek wisata pesisir dan bahkan telah masuk dalam 100 kalender Event Wisata Pesona Indonesia.

Lokasinya berjarak sekitar 20 kilomoter dari ibukota, Benteng. Dapat ditempuh dengan kendaraan sepeda motor atau mobil. Namun untuk sampai ke sana, butuh sedikit perjuangan, sebab ada beberapa pendakian sepanjang perjalanan ditambah lagi kondisi jalan yang saat ini sedang masa perbaikan.

Disana ada berbagai keindahan yang dimiliki sehingga banyak wisatawan yang tertarik datang. Pertama, Pantai Punagaan ini memiliki hamparan air laut yang jernih. Dan ketika wisatawan menginjakkan kaki pertama kali akan dibuat takjub dengan tampilan air laut yang berwarna biru jernih. Lokasinya yang berada di pesisir timur membuat tak ada desiran ombak di pantai ini. Sungguh indah bila melihatnya dari dekat.

Baca Juga :   Lompong Sagu, Kuliner "Baheula" yang Selalu Dicari

Pantai Panagaan ini memiliki panorama bawah laut yang memikat mata. Bagi yang memiliki kegemaran menyelam, pantai ini dapat menjadi salah satu lokasi tujuan Anda. Dari permukaan saja, keindahan pantai ini sudah bisa terlihat.
Apalagi lagi bila menyelam ke dasar laut, akan menemukan surga bawah laut, mulai dari terumbu karang, ikan kerapu, lobster serta berbagai biota laut lainnya.

Bagi para pengunjung yang hobi berfoto, terdapat demaga kayu kecil mengarah dari pantai ke tengah laut. Bila ingin menikmati keindahan air laut namun tak ingin terkena air, kehadiran dermaga kayu ini sungguh sangat membantu. Terdapat pula beberapa benteng kecil serta beberapa Bale-bale (tempat duduk berjenis gubuk) di dermaga ini.

Kepala Desa Patilereng, Sahararudin memaparkan “Destinasi wisata pantai Punagaan sepenuhnya dikelola oleh BUMDES sehingga itu semua memungkinkan kita semua untuk terkhusus pengelola sepenuhnya memiliki kewenangan penuh untuk membuat hal yang baru” kata Saharudin selaku Kepala Desa Patilereng

Sementara itu diwaktu yang sama, Bupati sementara Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. H. Asriyadi Sulaiman, S.IP., M.Si,. Mengatakan bahwa Pariwisata memang menjadi salah satu program unggulan Selayar yang digagas oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan, sehingga ini menjadi point terpenting untuk kita semua menjaga kebersihan serta ketentraman dalam melakukan aktivitas wisata.

Baca Juga :   Air Terjun Lubuak Tampuruang, Oase Wisata Diketinggian Kota Padang

Pria yang baru saja dikukuhkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Nurdin Abdullah, M. Agr, mulai menjabat sejak (26/09/2020) lalu ini bahkan bertekad menjadikan Selayar sebagai layaknya Pulau Dewata Bali yang memiliki pariwisata pantai yang tidak kalah saing dengan daerah lainnya.

“Selayar memiliki potensi di bidang kelautan dan pariwisata. Hal itu bisa dikembangkan,” tutur Dr. H. Asriyadi Sulaiman, S.IP., M.Si,.

Selain itu, Kepala Bidang Destinasi pariwisata, Sutandar, menuturkan sampai saat ini masih banyak upaya-upaya yang kami lakukan, termasuk pengembangan objek wisata pesisir yang masih sulit di rana aksesibilitas, sehingga kami masih melakukan pendekatan dengan komunitas-komunitas agar turut mengambil peran.***