Pakar Energi Indonesia Masuk Daftar Ilmuwan Berpengaruh di Dunia

oleh -32 views

UNIVERSITAS Stanford Amerika Serikat mengeluarkan daftar 2 persen ilmuwan paling berpengaruh di dunia. Database yang dirilis Universitas Stanford ini sedang ramai menjadi perbincangan di berbagai negara.

Media di India, Pakistan dan Malaysia ramai memberitakan daftar ilmuwan asal negara-negara yang berada dalam daftar 2 persen ilmuwan dunia tersebut.
Dalam daftar tersebut, terdapat salah satu ilmuwan dari Indonesia yakni Dr. Oki Muraza.

Dr. Oki Muraza merupakan pakar energi dari Indonesia yang saat ini berkarya dalam bidang energi di King Fahd University of Petroleum & Minerals, Arab Saudi.

Di King Fahd University of Petroleum & Minerals, Dr. Oki Muraza menduduki jabatan Associate Professor sebagai peneliti utama Chemical Engineering (Teknik Kimia).

Selama sembilan tahun terakhir, Oki sudah mendapatkan sekitar US$ 6,2 juta hibah penelitian dari perusahaan dan pendanaan nasional. Ia juga sudah menerbitkan lebih dari 20 makalah ISI per tahun.

Sementara berdasarkan data diaspora.ristekdikti.go.id, Dr. Oki Muraza merupakan alumni S1 Teknik Kimia dari Institut Teknologi Bandung pada 2001. Setelah itu, ia melanjutkan kuliah S2 di Technische Universiteit Delft (TU Delft) The Netherlands dalam bidang Teknik Kimia.

Baca Juga :   Surprise, Aston Villa Gulung Liverpool 7-2

Dr Oki lalu menyelesaikan S3 di Technische Universiteit Eindhoven (TU Eindhoven) The Netherlands di bidang yang sama dan meraih gelar PhD.

Selain Dr. Oki Muraza, tokoh berpengaruh untuk bidang energi, terdapat nama-nama besar seperti Profesor Michael Graetzel, Bapak Solar Cell, Energi Tenaga Matahari di Swiss. Ada juga nama Profesor John B Goodenough, Bapak Betere (Battery) dan Energy Storage. (*/kpr)