Negara dengan Populasi Umat Muslim dan Kristen Terbanyak di Dunia

oleh -23 views

DAFTAR 10 negara dengan populasi umat Muslim dan Kristen dapat mengungkapkan perbedaan dalam konsentrasi, keragaman, serta perubahan proyeksi dalam dua agama terbesar di dunia.

Sekitar dua pertiga (65 persen) Muslim dunia tinggal di negara-negara yang termasuk 10 populasi Muslim terbesar. Namun, hanya 48 persen dari umat Kristen dunia tinggal di negara-negara yang termasuk 10 populasi Kristen terbesar.

Berdasarkan data dari Pew Reseacrh Center, 10 negara Muslim terbanyak pada 2015, Indonesia mencapai peringkat pertama. Jumlah populasi Muslim sebesar 219.960.000.

Menyusul Indonesia, India berada di posisi kedua dengan jumlah Muslim terbanyak, sebesar 194.810.000. Dan di urutan ketiga, ada Pakistan dengan data 184.000.000 populasi Muslimnya. Sementara posisi selanjutnya yakni Bangladesh, Nigeria, Mesir, Iran, Turki, Aljazair, dan Irak

Sementara itu, untuk 10 negara Kristen terbanyak 2015, Amerika Serikat (AS) menduduki posisi pertama dengan jumlah umat kristiani 248.180.000. Menyusul AS, ada Brazil dengan jumlah 179.910.000 dan posisi ketiga Meksiko dengan jumlah 113.620.000. Untuk posisi selanjutnya ada Rusia, Filipina, Nigeria, Republik Kongo, Cina, Etiopia, dan Jerman.

Baca Juga :   WHO Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona

Bisa dikatakan lebih dari setengah (52 persen) orang Kristen di dunia tinggal di negara yang tidak termasuk 10 populasi Kristen terbesar. Sedangkan ini berlaku untuk lebih dari sepertiga (35 persen) Muslim dunia.

Secara absolut, ada dua kali lebih banyak orang Kristen, 1.2 miliar di dunia daripada jumlah orang Muslim. Jumlah Muslim sebanyak 609 juta yang tinggal di negara-negara yang tidak terdaftar dalam 10 besar negara dengan populasi Muslim terbanyak.

Sejumlah negara dengan 10 populasi Muslim atau Kristen terbesar di dunia juga memiliki populasi kelompok agama lain yang besar. Bahkan dalam beberapa kasus lebih besar. Di India, yang memiliki populasi Muslim terbesar kedua, Islam adalah agama minoritas, melengkapi 15 persen dari populasi negara.

Sedangkan mayoritas agama di India adalah hindu. Sama halnya dengan Nigeria, yang memiliki populasi Kristen terbesar keenam di dunia (87 juta), memiliki populasi Muslim terbesar kelima di dunia (90 juta).

Data ini juga menggambarkan sejauh mana pusat populasi agama-agama ini telah berpindah dari pusat sejarah dan tradisional mereka. Negara-negara dengan lima populasi Muslim tertinggi semuanya berada di Asia Selatan dan Tenggara atau di sub Sahara Afrika, bukan di Timur Tengah. Sementara negara-negara dengan tiga populasi Kristen tertinggi berada di Amerika daripada di Timur Tengah atau Eropa.

Baca Juga :   Usai "di-PHK" Corona, Pria Selandia Baru Menang Lotere 90 Miliar

Secara keseluruhan, ada sekitar 2,3 miliar orang Kristen di dunia dan 1,8 miliar Muslim. Kesenjangan itu diperkirakan akan mengecil pada tahun 2060. Pew Research Center memprediksikan akan ada 3 miliar orang Kristen dan hampir 3 miliar Muslim. Sebab, rata-rata orang Muslim lebih banyak mempunyai anak daripada orang kristen.

Dalam data pada 2060, baik Muslim maupun Kristen juga diperkirakan akan berubah dengan cara lain. Pada 2060, India diperkirakan akan menggantikan Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar. Namun, populasi Muslim India akan tetap menjadi kelompok agama minoritas (19 persen) di negara yang mayoritasnya Hindu.

Negara dengan populasi Kristen tertinggi, Amerika Serikat, diperkirakan akan tetap pada posisi itu pada tahun 2060. Diperkirakan ada Tanzania, Uganda dan Kenya yang masuk daftar itu. Sementara Rusia, Jerman, dan China akan keluar dari 10 negara dengan populasi umat Kristen terbanyak.(*/rol)