Mulai Besok, Twitter Hapus Pengguna tak Aktif

oleh -39 views

Twitter memutuskan bakal “bersih-bersih” akun yang sudah lama tidak aktif. Artinya, pemilik akun twitter yang tidak pernah login lagi dalam kurun waktu tertentu, otomatis akan terhapus atau hilang.

Ada banyak platform media sosial yang bertebaran dan bisa dinikmati netizen. Sebut saja Instagram, Facebook, WhatsApp, LinkedIn, YouTube, Flickr, Messenger, Twitter, dan lainnya.

Wadah social sharing, yang digunakan untuk berbagai kegiatan mulai dari berbisnis hingga unjuk eksistensi diri ini terus berkembang dan bersaing dengan menyajikan fitur-fitur menarik bagi penggunanya.

Setiap platform media sosial menawarkan keunggulan masing-masing. Tak heran bila hampir setiap orang punya lebih dari satu media sosial. Bahkan ada yang mengaku setidaknya punya lebih dari 5 akun media sosial.

Tentu saja, dari sekian banyak akun media sosial yang dimilikinya itu nyatanya hanya satu atau dua akun saja yang aktif digunakan. Barangkali kamu juga demikian?

Tapi ingat, bila kamu punya akun Twitter dan sudah lama tidak digunakan, perhatikan kebijakan terbarunya. Sebab Twitter bakal menghapus akun-akun yang sudah lama tidak digunakan.

Baca Juga :   Vietnam Masih Dominasi Produksi Lada Dunia

Berdasarkan pusat bantuan Twitter di help.twitter.com, disebutkan bahwa kebijakan penghapusan akun pengguna Twitter ditentukan berdasarkan aktivitas masuk dalam platform ini.

Berikut beberapa hal yang bikin akun twitter akan otomatis terhapus:

  • Pemilik akun Twitter tidak aktif
  • Tidak pernah Login selama 6 bulan

Agar akun tidak hangus, Twitter menganjurkan pengguna untuk masuk (login) dan menggunakan akun twitternya secara aktif. Begini syaratnya biar akun twittermu tidak dihapus:

  • Login ke akun Twitter minimal 1 kali dalam 6 bulan
  • Meng-Tweet setidaknya 1 kali dalam 6 bulan

Jika dalam kurun enam bulan sama sekali tidak melakukan login dan menge-Tweet setidaknya minimal satu kali saja, maka siap-siap skun Twitter kamu akan dihapus secara permanen oleh pihak Twitter. Sebab kamu dianggap tidak aktif dalam jangka waktu lama.

Sebagaimana dikutip dari KompasTekno yang melansir The Verge tenggat waktu penghapusan otomatis akun twitter yang tidak aktif setidaknya 6 bulan terakhir mulai dilakukan 11 Desember 2019. Sehingga platform microblogging ini diharapkan akan lebih akurat dan kredibel.

Baca Juga :   Malang Resmi Ajukan PSBB ke Menkes

Guna memberikan sosialisasi atas kebijakan tersebut, pihak Twitter juga menyampaikannya melalui e-mail pemberitahuan kepada para pengguna platform ini. Ditegaskan bahwa penghapusan akun nonaktif ini bersifat permanen, sehingga tak bisa dikembalikan lagi.

Diakuinya, penghapusan akun twitter yang tidak aktif ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Pihak Twitter mengungkapkan, setidaknya akan memerlukan waktu beberapa bulan untuk melakukan penghapusan akun nonaktif.

Akun yang pemiliknya meninggal dunia bakal dihapus

Bukan hanya akun twitter yang pemiliknya memang tidak aktif karena enggan menggunakan platform ini saja, tapi penghapusan juga berlaku bagi pemilik akun yang sudah meninggal dunia. Demikian diungkapkan juru bicara Twitter.

“Kami belum memiliki cara untuk mengenang akun Twitter yang pemiliknya telah meninggal dunia. Tetapi tim kami saat ini sedang memikirkan cara untuk melakukannya,” kata juru bicara Twitter seperti yang diberitkan The Verge.

Pihak Twitter menegaskan bahwa ketentuan penghapusan akun tidak aktif itu berlaku secara umum. Artinya, baik itu akun pesonal maupun akun twitter atas nama perusahaan, tetap akan terhapus dengan sendirinya ketika tidak pernah login atau tidak aktif selama enam bulan.

Baca Juga :   Menteri PUPR : Istana Presiden Tak Akan Banjir

Terkait dengan hak atas merek dagang yang digunakan dalam akun Twitter, tentunya hal itu sesuatu yang berbeda. Jadi, hak atas merek dagang tetap menjadi milik yang bersangkutan, tapi akun di Twitter dengan nama yang digunakan dan kebetulan sama dengan nama merek dagang tersebut, tetap akan terhapus dengan sendirinya bila tak aktif dalam 6 bulan terakhir.

Agar akun Twittermu tetap eksis, tengoklah sesekali di sela-sela berselancar di dunia maya dan saat bermain dengan akun media sosial lainnya. Sekali dalam enam bulan tentunya tak berat buat sekadar supaya akun tak hilang, bukan?

Sebelum menyesal karena akun Twitter keburu dihapus, mending buruan kunjungi akun media sosialmu yang satu ini, lakukan login dan tweet-lah sesuatu hal yang positif. Tweet-lah konten-konten yang bermanfaat, setidaknya bukan menyebarkan berita bohong/palsu (hoax). Gunakan media sosial dengan bijak. (*/rol)