MRSF 2019, Rizki Nugroho: Milenial Harus Jadi Teladan Tertib Berkendara

oleh -59 views
Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizki Nugroho saat melepas Touring Milenial Satlantas Polres Padang Pariaman dalam rangkaian kegiatan Millenial Road Safety Festival 2019 di halaman Mako Polres setempat, Sabtu (16/2).

PADANG PARIAMAN, (BM)– Di Indonesia, kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian nomor dua setelah penyakit stroke. Mirisnya, para korban kecelakaan lalu lintas didominasi kalangan milenial dan masyarakat usia produktif.

Kondisi ini jelas menjadi momok yang menakutkan. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya di Sumatera Barat, bergantung pada kendaraan bermotor dalam menunjang aktivitas kesehariannya.

“Atas dasar itulah, kami ingin kaum milenial yang didominasi oleh pelajar dan mahasiswa, bisa menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas,” kata Nasrul, Panitia Pelaksana Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019, yang digelar Sabtu (16/2).

Kegiatan yang diisi dengan rangkaian konvoi bertajuk Touring Milenial Satlantas Polres Padang Panjang itu, dibuka dan dilepas langsung Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizki Nugroho. Touring yang dimulai dari halaman Mako Polres Padang Pariaman di Parik Malintang itu, finish di Mako Satlantas Padang Pariaman di Lubuk Alung.

“Alhamdulillah, lebih dari 200 peserta mengikuti kegiatan ini. Kita berharap agar seluruh peserta yang juga telah menerima sertifikat itu, bisa menjadi pelopor dan ikut mensosialisasikan pentingnya keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat,” tandas Nasrul.

Baca Juga :   3 Pengganjal Kartu ATM Ditangkap, Satu Rebah Didor !

Kapolres Rizki Nugroho saat melepas peserta konvoi mengatakan, seluruh warga negara khususnya kaum milenial, harus dengan sadar untuk melaksanakan dan menaati semua peraturan lalu lintas. Kesadaran itu kata Rizki, harus dimulai dari hal yang sekecil-kecilnya.

“Jika kaum milenial yang menjadi garda terdepan sebagai pelopor keselamatan saat berkendara, sudah pasti kecelakaan lalu lintas akan menurun,” tandas Rizki.

Dikatakan, keselamatan adalah yang pertama dan utama yang digelorakan dan terus-menerus menjadi perjuangan generasi milenial. Dia juga berharap, agar generasi muda bisa menjadi teladan bagi masyarakat pada umumnya.

Menurut data Polri, sekitar 30.000 jiwa meninggal dunia pada tahun 2018 lalu. Sekitar 60 persen diantaranya adalah generasi milenial. Dan salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya kesadaran berperilaku positif dalam berlalu lintas.

“Kalau sudah menaati peraturan lalu lintas, serta-merta tentu akan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Karena laka lantas itu berawal dari pelanggaran lalu lintas,” sambungnya.

Millenial Road Safety Festival adalah kegiatan untuk menekan tingginya angka kecelakaan lalulintas, khususnya yang merenggut korban jiwa di kalangan kaum milenial. (*)