Migrasi Sebabkan Tingginya Angka Pengangguran di Depok

oleh -79 views

Kabarsiana.com, DEPOK –  Kota Depok sebagai penyangga Jakarta, menerima dampak langsung Dari keberadaannya yang berbatasan langsung dengan ibu kota. Di mana, selain faktor pertumbuhan yang cukup tinggi, Depok pun dihadapkan pada tingginya angka pengangguran di Kota Depok.

Berbeda dengan pengangguran yang memang disebabkan tak tertampungnya angkatan kerja di dunia usaha, pengangguran di Kota Belimbing justru disebabkan migrasi yang angkanya cukup tinggi ke Kota Depok setiap saatnya.

“Pengangguran memang salah satu persoalan Kota Depok, dan inilah yang harus kita pikirkan jalan keluarnya,” jelas ketua DPD PKS Kota Depok, Moh Hafid Nasir saat berbincang-bincang dengan kabarsiana.com, Senin (9/12).

Ustadz Hafid yang didaulat oleh DPD PKS Depok dan DPW PKS Jawa Barat sebagai salah satu calon Walikota Depok pada Pilkada 2020 mendatang, optimis persoalan itu bisa diselesaikan dengan sejumlah program kerja yang nyata dan realistis.

Diantaranya dengan mempermudah perizinan pada investor yang ingin menanamkan modal di Kota Depok, melakukan pendampingan bagi para pelaku usaha dan meningkatkan kualitas balai latihan kerja yang ada di Kota Depok.

Baca Juga :   Pastikan Pengamanan, Kapolres Kampar Tinjau Pos Pam Ops Lilin 2019

“Selain itu, kita juga harus lakukan koordinasi dengan daerah tetangga untuk bisa menyerap tenaga kerja yang ada di Kota Depok. Serta menciptakan link and mact di dunia usaha bagi para alumnus SMA dan SMK yang memang sangat tinggi menyumbang pengangguran di Kota Depok,” imbuhnya.

Tak hanya bicara terkait penuntasan angka pengangguran, Hafid Nasir juga bicara tentang peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Depok. Salah satunya dengan mengoptimalkan keberadaan puluhan situ di penjuru Kota Depok.

“Jika setu tersebut kita optimalkan menjadi destinasi wisata, tentu bisa menjadi tempat yang pas bagi para angkatan kerja untuk berusaha. Dan inilah yang nantinya akan kami optimalkan,” ucapnya serius.

Secara umum, Hafid mengatakan, taka da yang tak bisa dielesaikan di Kota Depok seandainya kita serius untuk mlakukannya.

“Kuncinya adalah niat dan ikhtiar. Dan insyaallah, dengan niat pula saya siap membawa perubahan di Kota Depok menjadi lebih baik,” ujarnya yakin. (ted)