Menggodanya Gulai Ikan Kerling Khas Aceh

oleh -18 views

TERKENAL dengan kuliner mi Aceh, nyatanya gulai ikan kerling menjadi primadona Aceh lainnya. Rasanya gurih dan segar serta tergolong makanan istimewa dengan harga terjangkau menjadikan gulai ini kuliner yang digemari masyarakat lokal.

Ikan kerling biasa hidup di sungai yang mengalir dan penuh bebatuan di sekitar lereng pegunungan. Olahan yang terdapat di sepanjang kedai jalan lintas provinsi di Kabupaten Pidie, Aceh Barat ini memiliki gulai yang rasa dasarnya asam pedas. Warna kuahnya kuning pekat dan bercita rasa gurih karena mengandung aneka rempah pilihan yang membuatnya nikmat.

Meski memiliki banyak duri, tekstur daging ikan kerling sangat lembut sehingga memudahkan untuk dikonsumsi tanpa harus membuang tulangnya satu per satu. Nikmat!

“Nikmat sekali gulai ikan kerling ini, kalau berlabuh jangan lupa untuk mencobanya,” tutur Ahmad Dadek, salah seorang penikmat gulai ikan kerling.

Cara membuatnya pun mudah, setelah dibersihkan, potong ikan kerling menjadi beberapa bagian. Siapkan bumbu seperti bawang merah dan putih, kunyit, cabai rawit, cabai merah, jeruk nipis, belimbing, bunga kala, lengkuas, daun temurun, asam sunti, dan garam secukupnya. Kemudian masak ikan kerling selama 20 menit beserta bumbu yang telah dihaluskan.

Baca Juga :   Rendang Lokan, Rendang Ala Ranah Pasisie

Seporsinya, pengunjung hanya dikenakan Rp25 ribu-Rp40 ribu tergantung ukuran dagingnya. Selain rasanya yang enak dan gurih, gulai ikan kerling dipercaya membuat awet muda karena kandungan protein dan vitaminnya yang tinggi dan sangat baik untuk gizi.

“Ikannya lain daripada yang lain, walau tulangnya banyak dagingnya empuk,” ujar Veri Susanti, pedagang gulai ikan kerling.***