Lima Pegawai Lapas Tangerang Dinonaktifkan

oleh -23 views

Kabarsiana.com, TANGERANG – Terpidana mati kasus narkoba, Cai Changpan, hingga kini belum ditemukan pascakabur dari Lapas Tangerang. Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan, hingga saat ini sebanyak lima orang pegawai Lapas Klas 1 Tangerang telah dinonaktifkan.

“Iya yang dinonaktifkan sementara ada lima,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti seperti dikutip dari Republika.co.id, Minggu (4/10).

Rika menjelaskan, kelimanya dinonaktifkan untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui ada atau tidaknya keterlibatan mereka dalam melancarkan aksi pelarian Cai Changpan. Lima pegawai lapas itu pun disebut Rika sudah dipindahkan ke Kantor Wilayah Kemenkumham Banten.

“(Lima pegawai lapas itu) ditempatkan sementara di Kantor Wilayah Kemenkumham Banten. (Kelimanya adalah) satu kepala pengamanan dari Lapas Klas 1 Tangerang, dua komandan jaga yang pada saat itu bertugas dan aplusan, dan dua petugas jaga,” terang Rika.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, adanya dugaan keterlibatan dua oknum lapas, yaitu S dan S. Menurut pemeriksaan, keduanya diduga membantu pelarian Cai Changpan dengan membelikan sejumlah barang untuk menggali lubang dari sel tahanan.

Baca Juga :   Terima 500 Ton Sampah per Hari, TPA Piyungan Overload

“Peran kedua-duanya adalah memang diakui bahwa informasi dari salah satu napi juga, bahwa dia yang membantu untuk membelikan peralatan-peralatan, salah satunya adalah pompa air,” jelas Yusri. (*/rol)