Lima Nagari di Harau Direndam Banjir, Ketinggian Air Capai Satu Meter

oleh -38 views
Ilustrasi banjir.

LIMAPULUH KOTA (BM)– Ranah Minang seperti tak henti-hentinya dirundung duka. Setelah banjir Kota Padang, longsor dan tanah terban di sejumlah daerah, Sabtu (3/11), giliran masyarakat Harau Kab. Limapuluh Kota yang ditimpa musibah.

Ratusan rumah yang tersebar di lima nagari di Kecamatan Harau, direndam banjir sejak Sabtu pagi akibat hujan yang mengguyur daerah itu.

“Lima Nagari yang terkena banjir di wilayah kecamatan Harau adalah Nagari Tarantang, Nagari Sarilamak Jorong Purwojaya, Nagari Batu Bolang, Nagari Bukik Limbuku dan Nagari Taram jorong Subarang,” kata Camat Harau, Andri Yasmen di Limapuluh Kota, Sabtu saat meninjau banjir.

Ia mengatakan Jorong Subarang Nagari Taram terdampak cukup parah dibanding daerah lain di Kecamatan Harau. Ketinggian banjir tampak bervariasi mulai dari setengah meter hingga satu meter.

Nagari Taram yang menjadi langganan banjir hampir setiap tahun ini, menurutnya karena daerah tersebut menampung 17 aliran sungai dari hulu Kecamatan Mungka dan Kecamatau Harau sendiri.

“Sehingga sungai di Nagari Taram meluap, ditambah lagi dengan tingginya curah hujan,” ujarnya diwartakan antarasumbar.

Baca Juga :   Data Sementara Banjir Padang, 600 Unit Rumah Terendam di Enam Kelurahan

Ia berharap tidak ada lagi hujan yang mengakibatkan banjir susulan semakin parah. “Saat ini sebagian warga disini sudah kita ungsikan kita evakuasi ke kantor wali jorong,” kata Andri.

Sementara itu Wali Nagari Taram, Defrianto Ifkar mengatakan akibat banjir di Jorong Subarang sebagaian daerah Taram terkepung banjir karena di Nagari Batu Bolang juga dilanda banjir.

“Akses semua jalan jadi tertutup karna digenangi banjir, bagi yang ke Kota Payakumbuh, Andaleh dan ke Tanjung Pati terhalang banjir, pengendara terpaksa melewati sedikit banjir dan berbelok ke Jorong Balik Bukit untuk akses keluar atau ke Kota Payakumbuh,” katanya. (*)

 

Laporan: Rahmad Abak