Letung Disiapkan jadi Bandara Regional

oleh -46 views
Bandara Letung Kab. Kepulauan Anambas.

ANAMBAS (BM)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas mendukung persiapan Bandara Letung menuju go internasional. Sejauh ini, tidak ditemukan adanya persoalan yang signifikan.

“Dari hasil rapat kemarin, pihak bandara Letung bersedia menyiapkan segala fasilitas pendukung lainnya seperti ruangan bagi CIQP dan ruang tunggu eksekutif dan alat exray,” ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

Menurut Haris, pihaknya bersama pihak PT Pulau Bawah akan meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk dapat memberikan perizinan penerbangan antara bandara Letung menuju bandara Selayar (Singapura). Lebih jauh Haris mengungkapkan, PT Pulau Bawah memanfaatkan penerbangan dari Singapura terbang ke Bandara Hang Nadim (Batam) lalu terbang ke Resort Pulau Bawah menggunakan pesawat jenis Airnav.

Kedepannya, PT Pulau Bawah merencanakan penerbangan dari Singapura langsung ke Bandara Letung lalu transit ke Resort Pulau Bawah. “Mengenai kekurangan tentu masih ada, namun itu hanya persoalan administrasi saja yakni CIQP. Oleh sebab itu kita temui langsung pihak manajemen pulau bawah dengan sejumlah pihak yang terkait seperti, aparat penegak hukum, imigrasi, beacukai, karantina dan pihak bandara Letung, untuk sama-sama mendorongnya,” tutur dia.

Baca Juga :   Bupati Aceh Barat Hajar Ustadz yang Menagih Hutang Biaya Pilkada

Peningkatan status bandara Letung kata Haris, juga penting dan saat ini masih berstatus domestik, lalu akan di jadikan status regional. Jika hal itu bisa diwujudkan maka peluang wisata go internasional akan terbuka bagi Anambas kedepannya. “Fasilitas pendukung tidak ada masalah karena ruangan sudah disiapkan, ruangan untuk kepentingan CIQP dibagikan saja,” bebernya.

Dinilainya, tidak menutup kemungkinan akan terbukanya pelayanan penerbangan secara regional dari bandara Malaysia juga nantinya. Artinya wisatawan manca negara dan domestik bisa akses langsung ke bandara Letung. (*)

 

Sumber: haluankepri

Editor: Ryan Syair