Lalu Lintas Paris Lumpuh

oleh -43 views

Kabarsiana.com, PARIS — Masyarakat di Paris, Prancis harus menghadapi kelumpuhan transportasi setelah kereta tidak beroperasi dan jalanan yang macet, Senin (9/12). Unjuk rasa yang dilakukan masih menghentikan jalur transportasi selama lima hari terakhir.

Mengutip risiko keselamatan, jaringan kereta api nasional SNCF memperingatkan masyarakat, termasuk turis untuk tetap di rumah atau menggunakan moda transportasi alternatif pada Senin. Jadwal kereta api masih mengalami gangguan dan hanya mengoperasikan beberapa jadwal saja.

Hanya sekitar seperenam dari kereta Prancis yang beroperasi. Jalur kereta internasional juga mengalami gangguan. Aktivis juga memblokir depot bus di sekitar Paris.

Seorang warga Paris, Gabriella Micuci dari pinggiran kota Paris Le Bourget, berjalan beberapa kilometer di bawah hujan yang dingin, kemudian masuk ke dalam stasiun kereta bawah tanah yang penuh sesak. Penumpang lain menggunakan sepeda bersama atau skuter listrik ketimbang menunggu berdesakan.

“Saya meninggalkan rumah lebih awal dari biasanya, saya pikir saya akan bisa naik kereta awal tetapi tidak sama sekali. Ini benar-benar malapetaka, orang menjadi lebih kejam, mereka mendorongmu,” kata Micuci.

Baca Juga :   KBRI Yordania Berikan BLT untuk WNI

Otoritas jalan nasional melaporkan lebih dari 600 kilometer masalah lalu lintas pada jam sibuk pagi hari di sekitar wilayah Paris. Kondisi ini naik dari 150 kilometer dibandingkan pada hari biasa.

Air France mengatakan, lebih dari 25 persen lalu lintas domestik dan lebih dari 10 persen dari penerbangan jarak menengah pada Selasa. Perjalanan jarak jauh tidak  terpengaruh. (*/rol)