Kodim 1512/Weda Kodam XVI/Pattimura Diresmikan

oleh -14 views

Kabarsiana.com, TERNATE – Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura, Mayjen Agus Rohman memimpin upacara peresmian Kodim 1512/Weda, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Provinsi Maluku Utara (Malut). Menurut Agus, kehadiran Kodim 1512/Weda di jajaran Korem 152/Babullah merupakan langkah strategis bagi pembangunan kekuatan, kemampuan, dan gelar Kodam XVI/Pattimura.

Kehadiran kodim baru juga memperluas jangkauan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial (binter). “Dalam pemberdayaan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Halteng terkait pelaksanaan tugas operasi militer selain perang (OMSP),” kata Agus di Kota Ternate, Selasa (17/11).

Agus menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Kabupaten Halteng, Ketua DPRD, tokoh-tokoh agama, toko adat, Forkopimda Halteng, dan segenap masyarakat yang telah membantu dalam proses penyiapan lahan maupun fasilitas Kodim 1512/Weda.

Sejalan dengan rencana strategi penataan organisasi Kodam XVI/Pattimura tentang pembangunan kekuatan, sambung dia, Agus juga secara bersamaan meresmikan beberapa satuan baru. Di antaranya, Koramil 1508-7/Wayabula dan pengalihan komando dan pengendalian Koramil 1512-01/Weda, Koramil 1512-02/Patani, dan Koramil 1512-03/Gebe.

Baca Juga :   KSPI dan Buruh Indonesia Ancam Mogok Tolak RUU Ciptaker

“Maka pada hari yang berbahagia ini saya resmikan berdirinya Kodim 1512/Weda berdasarkan Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/668/VIII/2020 tentang persetujuan pembentukan satuan baru di jajaran Kodam XVI/Pattimura, termasuk didalamnya Kodim 1512/Weda sebagai bagian dari Korem 152/Babullah,” ujar Agus yang pernah menjadi ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Dia berharap, kehadiran Kodim Weda dapat memberikan kontribusi positif dan bersinergi dengan pemda dalam membantu bupati selaku kepala daerah melalui forkopimda, guna membangun Kabupaten Halteng menjadi daerah yang aman, lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang.(*/rol)