Kepingan Surga di 5 Pulau Cantik nan Eksotis Bumi Maluku

oleh -23 views

MALUKU bukan hanya terkenal akan rempah-rempah dan sejarahnya. Tapi, kepulauan ini juga kaya akan keindahan alam dan keanekaragaman biota lautnya. Banyaknya pulau-pulau cantik nan eksotis di Maluku yang bisa menjadi destinasi wisata.

Keindahan pulau-pulau di Maluku tak kalah dari Raja Ampat, Bali bahkan Lombok. Maluku punya sejumlah pulau “tersembunyi” yang pesonanya seperti serpihan tanah surga.

Berikut 5 pulau di Maluku yang pesonanya bikin orang terpana, dirangkum dari beberapa sumber :

1. Pulai Failonga

Salah satu surga tersembunyi di maluku Utara adalah Pulau Failonga yang berada di wilayah Kota Tidore, Maluku Utara.

Walaupun hanya selebar 0,8 hektare, namun keindahan batuan karang dengan berbagai ukuran akan menyambut kedatangan pengunjung.

Pulau ini memang terkenal akan tebing batuan karang yang mengelilingi pulau, namun selain tebing batu yang menjadi ciri khasnya, ternyata Pulai ini memiliki air yang hangat dan keindahan biota laut yang akan membuat siapapun terpesona.

Seperti dilansir dari channel youtube NEWS MNCTV, Snorkling bisa menjadi cara menyenangkan untuk menikmati surga tersembunyi bawah laut Pulau Failonga, airnya yang dangkal dan sebening kristal memungkinkan untuk melihat keanekaragaman hayati laut timur.

Baca Juga :   Pantai Punagaan, Pesona Bumi Selayar

Karena Pulau Failonga tidak berpenghuni, jangan berharap akan ada penjual makanan, jadi yang mau kesini jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup.

2. Kepulauan Kei

Kei merupakan kepulauan besar di Maluku Tenggara. Kepulauan ini terbagi atas sejumlah pulau lain, di antaranya ada Kei Besar dan Kei Kecil.

Beberapa pantai di Kepulauan Kei sangat mempesona, salah satu pantai yang berada di Kei Kecil yaitu pantai Ngurbloat memiliki pasir putih yang sangat halus bak terigu lho.

Kemudian, Kei Kecil juga memiliki Goa yang disebut Goa Hawang, lokasinya berada di Desa Letyuan, Maluku Tenggara. Air di Goa ini sangat jernih dan berwarna Biru Zamrud, sangking jernihnya dasar kolam pun terlihat jelas.

Selanjutnya Kei Kecil memiliki Goa yang konon katanya peninggalan zaman Megalitikum. Namanya Goa Luvat, di dinding Goa ini terdapat lukisan berbentuk panah, perahu, matahari, dan hewan. Dilihat dari lukisan tersebut, nampaknya orang zaman Megalitikum sudah mengenal konsep ketuhanan. Lokasi goa ini berada di Desa Lutvuan.

3. Pulau Bair/Baer

Pulau Bair tak berpenghuni, letaknya dekat dengan Kepulauan Kei, tepatnya di Kota Tual, Maluku Tenggara. Pulau Bair disebut sebagai Raja Ampatnya Maluku, karena pemandangan alam berupa laguna yang terlihat sama menakjubkannya dengan Raja Ampat. Walaupun tidak terlalu besar, pulau ini dapat menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Baca Juga :   Teh Serunai, Pelepas Dahaga yang Kaya Manfaat

Snorkling di Pulau Bair menjadi aktivitas yang harus dilakukan, selain air yang jernih ikan-ikan lucu, dan terumbu karang yang cantik, tenyata Pulau Bair menjadi rumah bagi spesies bayi-bayi Hiu Blacktip yang hidup di perairan dangkal.

Jika takut untuk snorkeling, jangan khawatir, karena kalian masih bisa menyaksikan keindahan Pulau Bair dengan mengelilinginya menggunakan perahu kayu. Salah satu spot mendayung yang harus dikunjungi adalag Lorong Mati, walaupun namanya terdengar seram, namun spot ini hanya dua tebing yang berdekatan dan membentuk sebuah lorong.

Kalau ke pulau ini bawa bekal cukup karena tak ada warung penjual makanan di sana.

4. Pulau Molana

Pulau tak berpenghuni satu ini terletak di Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, letaknya pun tidak jauh dari Kota Ambon. Pulau ini cukup sepi, jadi jika ke sini serasa pulau milik pribadi.

Karena pulau ini belum banyak yang tahu, pemandangan asri berupa hamparan pasir putih dan rimbunya pepohonan masih terlihat asri dan natural.

Baca Juga :   Aia Kacang, Minuman Kesehatan Pelepas Dahaga

Aktivitas seperti snorkling dan berenang bisa dilakukan disini, karena keanekaragaman bawah laut dan jernihnya air akan membuat siapapun terpesona.

Jika hanya ingin melihat keindahan pulau molana, kalian bisa mengelilingi pulau menggunakan perahu kayu yang disewakan.

Bagi yang ingin ke sini, jangan lupa untuk membawa makanan pribadi, karena pulau ini kosong dan tidak ada penjual makanan.

5. Pulau Pombo

Satu lagi pulau cantik yang tak berpenghuni, namanya Pulau Pombo yang berlokasi di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah, lokasinya cukup dekat dengan Kota Ambon.

Walaupun tidak terlalu besar, namun panorama alam yang terlihat sangat menyejukan mata. Keindahan Pulau Pombo akan sangat jelas ketika air sedang surut, karena daratan yang tertutup air ketika pasang akan terlihat. Hamparan pasir yang membentuk sebuah daratan akan terlihat indah.

Selain menikmati keindahan bawah laut dengan snorkling dan berenang, jika beruntung kalian bisa menjumpai Burung Pombo yang merupakan burung khas pulau ini.

Lagi-lagi, karena pulau ini tak berpenghuni diharapkan untuk membawa bekal pribadi agar tidak kelaparan selama berada disini. Namun harus diperhatikan ya, jangan membuang sampah sembarangan karena akan merusak keindahan alam.

(*/sal)