Kalio Jariang, Kuliner Khas Minang Bercitarasa Tinggi

oleh -14 views

SELAIN pesona alamnya yang elok, kelezatan kuliner khas Sumatera Barat pun sudah diakui hingga kancah internasional. Mulai dari makanan berat hingga camilannya memang sanggup membuat ketagihan. Bahan olahan yang digunakan untuk aneka sajian pun variatif, misalnya saja jengkol untuk dimasak menjadi ‘Kalio Jariang’.

Sesuai namanya, jariang (jengkol-red) merupakan bahan utama dari olahan masakan kalio jariang. Sedangkan nama kalio, merujuk pada jenis gulai yang agak kental hampir seperti rendang namun tak dimasak hingga kering. Atau bisa dikatakan, kalio adalah rendang setengah jadi.

Usut punya usut, jengkol yang dimasak untuk Kalio Jariang umumnya terdiri atas dua pilihan yaitu jengkol muda dan jengkol tua. Ternyata, kedua jenis jengkol ini berpengaruh terhadap citarasa masakan kelak. Adalah jengkol yang lebih tua lah yang digadang-gadang menyuguhkan citarasa lebih lezat.

Walaupun diolah dari bahan baku utama jengkol, namun kalio jariang juga kerap dipadukan dengan bahan lain. Mulai dari daging sapi, daging kambing, ikan teri ataupun udang. Soal rasa, tentunya tak akan berubah dan pastinya akan mampu menerbitkan air liur bagi siapapun yang melihat atau mencium aromanya.

Baca Juga :   Dendeng Batokok, Kelezatan Daging Pukul Khas Minang

Hidangan berkuah santan tersebut memiliki citarasa pedas dengan bumbu khas kuliner Minang yang kaya rempah. Selain itu, menu ini pun salah satu yang kerap disuguhkan di Rumah Makan Padang. Kalio Jariang akan sangat pas disantap bersama nasi hangat.

Proses memasak kalio jariang pun terbilang praktis. Jengkol yang sudah dikupas akan direbus hingga empuk. Lalu bumbu-bumbunya dimasukkan ke dalam santan yang telah dididihkan. Lantas masukkan jengkol yang telah ditumbuk ke dalam adonan santan yang telah berbumbu.

Biarkan jengkol matang dengan sempurna sebelum diangkat. Dan tentunya semua tergantung keingin anda. Kalau gulainya baru mendidih dan masih kuning menyala, berarti statusnya baru gulai jariang, kalau kuahnya mulai coklat kental inilahj yang dinamakan kalio. Namun jika dibiarkan mengering, namanmya pun berubah menjadi randang jariang.
Selamat mencoba. ***