Kahutla “Paksa” Ratusan Penghuni Walkabout Wildlife Park Mengungsi

oleh -49 views

Kabarsiana.com, SYDNEY  — Sekitar 300 hewan penghuni taman margasatwa Walkabout Wildlife Park di utara Sydney, Australia dievakuasi menyusul kebakaran hutan dan asap yang kian mengkhawatirkan.

Pengelola taman margasatwa mengonfirmasi sejumlah koleksi hewan seperti kadal, dingo, burung merak, dan marsupial sudah dievakuasi. Lebih dari 100 kebakaran hutan dan lahan menyerang kawasan pesisir timur Sydney.

“Kobaran api kian menggila, sehingga kami harus melakukan upaya antisipasi,” kata general manager Walkabout Wildlife Park, Tassin Barnard seperti dilansir AFP.

Dalam sebulan terakhir Australia dilanda kebakaran hutan hebat. Cuaca kering membuat api menjalar dengan cepat ke sejumlah kawasan dan lahan.

Tim pemadam kebakaran New South Wales yang mayoritas relawan mengatakan pihaknya telah menerima bantuan petugas dari Amerika Serikat dan Kanada pada Jumat (5/12).

Hingga pertengahan November dilaporkan empat orang meninggal dunia akibat karhutla. Titik api karhutla terdeteksi paling banyak di Queensland dan New South Wales.

Pemerintah mencatat ratusan rumah rusak hingga hancur, 2,5 juta hektare lahan terbakar, dan 350 ekor kuala mati dilalap api.

Baca Juga :   Intervensi Bank Sentral AS, Gebuk Dolar

Lewis, salah satu koala yang sempat diselamatkan warga dilaporkan mengalami luka bakar parah.

Setelah mendapat perawatan intensif selama sepekan, dokter yang merawat memutuskan untuk menyuntik mati Lewis lantaran luka bakar parah yang dideritanya. (*/cnn)