Jutaan Batang Rokok Ilegal di Perairan Kualatungkal Diamankan

oleh -35 views

Kabarsiana.com, JAMBI – Tim Satgas Andalas 19 E Dispamal Mabes AL bersama TNI AL di Perairan Kualatungkal yang berbatasan dengan Perairan Pulau Kijang, Kepulauan Riau (Kepri), berhasil menggagalkan penyelundupan jutaan batang rokok tanpa cukai yang diduga akan diedarkan di Jambi .

Menurut Danlanal Palembang, Kolonel Laut (P) Saryanto, petugas mendapatkan informasi adanya penyelundupan rokok ilegal di Perairan Kualatungkal, Jambi pada 28 November. Jutaan batang rokok bermerek Luffman tersebut diamankan dari 2 kapal motor tanpa merek, sementara sejumlah pelaku berhasil kabur saat dilakukan penyergapan oleh petugas.

“Petugas langsung meluncur ke lokasi yang dimaksud, Saat di lokasi, petugas melihat 2 kapal motor tanpa merek yang mencurigakan.Saat akan disergap, sejumlah pelaku kabur dengan menggunakan kapal cepat lainnya,“ ungkapnya, Rabu (11/12).

Lebih lanjut disampaikan, saat penggeledahan, petugas menemukan muatan 470 kotak (bal) atau 235.000 bungkus rokok illegal dengan total kerugian negara berkisar Rp 1,6 miliar.

“penyelundupan rokok ilegal ini sudah merupakan jaringan yang bisa merusak pemasukan pajak negara dari cukai, Pungkasnya.

Baca Juga :   Asal Dijaga, Nelayan Indramayu Siap Melaut di Natuna

Saat ini semua barang bukti diserahkan ke Bea Cukai Jambi untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Sementara Kepala Kantor Bea Cukai Jambi Ardiyatno mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak TNI AL yang telah membantu penegakan hukum. Menurutnya, sebagai bentuk sinergitas dengan instansi lain dalam memerangi aksi penyelundupan terutama di perairan.

“Untuk rincian barang bukti rokok tersebut, diantaranya rokok merek Luffman warna merah berjumlah 325 kotak/bal atau 162.500 bungkus rokok atau 3.250.000 batang rokok, rokok merk Luffman warna abu-abu dengan jumlah 145 kotak/bal atau 72.500 bungkus rokok atau 1.450.000 batang rokok,” sebut Ardiyatno.

Usai dikumpulkan, rencananya jutaan batang rokok tanpa cukai tersebut akan dimusnahkan. (*/rri)