Jungkalkan Portugal, Prancis Puncaki Grup 3

oleh -6 views

Kabarsiana.com, LISBON – Timnas Prancis berhasil menembus babak semifinal UEFA Nations League 2020-2021. Kepastian ini didapat setelah Les Bleus meraih kemenangan 1-0 atas tuan rumah Portugal di matchday kelima Grup 3.

Saat ini Prancis memuncaki klasemen Grup 3 dengan perolehan 13 poin. Mereka sebenarnya hanya unggul tiga angka atas Portugal yang ada di posisi kedua. Akan tetapi, Prancis dipastikan keluar sebagai juara Grup 3 lantaran hanya tersisa satu matchday lagi.

Prancis pasalnya unggul head-to-head atas Portugal di Grup 3 ini. Sehingga, meski pada matchday terakhir Prancis menelan kekalahan dan Portugal menang telak, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tetap tidak bisa menggusur Les Bleus dari puncak klasemen.

Menanggapi kemenangan atas Portugal di matchday kelima ini, Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, tentunya sangat senang. Apalagi, Portugal menyandang status sebagai juara bertahan UEFA Nations League dan dihuni banyak pemain bintang.

Meski begitu, ia menilai tim asuhannya mampu menampilkan performa yang solid, utamanya saat menggalang pertahanan. Kondisi tersebut membuat Portugal mati kutu dan tak bisa menyarangkan sebiji gol pun ke gawang Hugo Lloris.

Baca Juga :   Timnas Indonesia, Rangking 172 FIFA dan Ketujuh di Asia Tenggara

Deschamps bahkan tak ragu menyebut bahwa laga melawan Portugal tersebut merupakan pertandingan terbaik yang dimainkan Timnas Prancis jika dibandingkan beberapa laga sebelumnya. Karena, setelah Les Bleus menjuarai Piala Dunia 2018, mereka sempat mengalami sedikit penurunan performa.

“Kami pantas menang dan kami telah memenuhi tujuan kami untuk finis teratas. Saya sangat bangga dengan para pemain,” ujar Deschamps, dikutip dari laman resmi UEFA, Minggu (15/11/2020).

“Mereka membuktikan malam ini bahwa Prancis masih tim yang hebat. Mengingat kualitas lawan, tentu saja ini salah satu penampilan terbaik kami belakangan ini,” lanjut pelatih 52 tahun tersebut.

“Skuad muncul dan tampil dan saya sangat senang untuk mereka karena mereka telah membuktikan semangat tim mereka dan bahwa mereka adalah pesaing,” tandas Deschamps.

Kemenangan atas Portugal tersebut juga membuktikan bahwa Prancis bukanlah tim yang hanya bergantung pada pemain tertentu saja. Sebab, di pertandingan semalam Prancis tidak dibela oleh Kylian Mbappe yang selama ini selalu dijadikan andalan, utamanya perihal mencetak gol. (*/mrh)