Jalur Pendakian Singgalang di Pandai Sikek Ditutup

oleh -14 views

Kabarsiana.com, BATUSANGKAR — Pemerintah Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat menutup sementara jalur pendakian menuju Gunung Singgalang. Penutupan dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan.

“Penutupan jalur pendakian telah diberlakukan sejak awal Oktober bertujuan memutus penyebaran COVID-19 di Tanah Datar,” kata Wali Nagari Pandai Sikek Harmen di Batusangkar Sabtu (3/10).

Ia mengatakan penutupan jalur pendakian dilakukan melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sesuai dengan arahan pihak kepolisian dan Pemerintah Nagari setempat.

Dalam pengumuman larangan tersebut berbunyi registrasi dan kegiatan pendakian Gunung Singgalang Nagari Pandai Sikek ditutup mulai 1 Oktober 2020. Jika ada yang melakukan pendakian selama masa penutupan maka pihak pengelola akan memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Ia mengaku selama ini jalur pendakian lewat Pandai Sikek salah satu jalur yang digunakan untuk pendakian Gunung Singgalang meski tidak seramai pendakian Gunung Marapi.

“Namun, sesuai instruksi yang kita terima makanya kita berlakukan penutupan sementara untuk pencegahan COVID-19,” ujarnya.

Sementara data perkembangan COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar Sabtu, bertambah 13 orang kasus positif. Jumlah kasus terkonfirmasi menjadi 219 orang.(*/rol)

Baca Juga :   Polsek IV Koto Bersih-Bersih Bahu Jalan