Instansi Terkait Harus Pastikan Seluruh Warga Siak Miliki KTP dan KK

oleh -44 views

Kabarsiana.com, SIAK – Data kependudukan terpadu yang sekarang dihadirkan dalam bentuk KTP elektronik, harus dimiliki oleh seluruh warga Negara Indonesia, termasuk di dalamnya warga Kabupaten Siak. Instansi terkait, dalam hal ini Dinas Kependudukan harus bisa memastikan, tak ada lagi warga Kabupaten Siak yang tidak memiliki KTP dan KK.

Kalau dirasa masih ada yang belum memiliki data base kependudukan itu, maka instansi terkait harus jemput bola untuk pendataan dan pembuatan dokumen kependudukan buat yang bersangkutan sebagaimana yang diatur oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu dijelaskan oleh tokoh muda Kabupaten Siak, Sujarwo SM saat berbincang-bincang dengan kabarsiana.com, Senin (9/12).

“Tidak optimalnya pemerintah dalam mendata dan menghimpun data kependudukan warga, tentu sangat merugikan. Sebab, hal itu tak hanya berkait dengan kepastian jumlah penduduk, pun berkait dengan pembagian porsi kue pembangunan itu sendiri,” jelas Sujarwo yang juga anggota DPRD Kabupaten Siak ini.

Sebagai anggota legislatif, pihaknya kata kader Partai Amanat Nasional (PAN) itu, telah meminta kepada pemerintah Kabupaten Siak, mulai dari Bupati, Dinas Kependudukan, Camat, Kepala Desa hingga Penghulu kampong untuk kembali melakukan pendataan kependudukan ini.

Baca Juga :   Tanah Wakaf untuk Masjid Diduga Dijual Rp 1 Miliar di Pakis Malang

Saat disinggung menyangkut potensi warga Siak yang tak memiliki data kependudukan tersebut, Sujarwo mengatakan bisa ditelusuri di areal perkebunan dan daerah pelosok.

“Mumpung tahun baru belum dimulai, tentu ada baiknya kalau hal ini kembali dilaksanakan. Karena lengkapnya data kependudukan merupakan cermin dari tingginya kepedulian kita kepada masyarakat Siak,” ujarnya mengakhiri. (surya)