Indahnya Panorama Bawah Laut Negeri Pertiwi

oleh -18 views

I LOVE INDONESIA! Bangga, negeri kita tercinta ini punya panorama bawah laut yang memesona. Terdapat cukup banyak lokasi di pelosok nusantara untuk diving sambil menyaksikan keindahan karang dan beragam jenis ikan.

Kami mengumpulkan dari berbagai sumber untuk kamu yang akan rekreasi menyelam, tentunya di berbagai lokasi yang semuanya ini berada di Indonesia, sebagai berikut.

1. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk menyelam atau diving kelas dunia. Terdapat 540 jenis karang keras, sebanyak 75 persen dari total jenis di dunia, lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska. Lokasi menyelam terbaik di Raja Ampat, di antaranya, Mansuar Island, Chicken Reef yang memiliki gugus terumbu karang dengan arus kuat di atas tapi tenang di dalam, Mike’s Point, Manta’s Point-Pulau Arborek, Blue Magic, dan lainnya.

2. Sabang, Aceh

Sabang memiliki 20 lokasi penyelaman dengan tingkat kesulitan yang bervariatif. Lokasi penyelaman terbaik di Pulau Weh ini berada di kawasan The Canyon. Spot ini memiliki struktur batu vulkanik bawah air dengan kedalaman antara 15-70 meter. Kemudian Sophie Rickmers, yang memiliki bangkai kapal sepanjang 134 meter yang tenggelam pada tahun 1940. Selanjutnya, Arus Balee, Batee Tokong, dan Pantai Ideu.

Baca Juga :   Horison Altama Pandeglang, Kelas Bintang Tiga Layanan Bintang Lima

3. Karimunjawa, Jawa Tengah

Kepulauan Karimunjawa ditetapkan menjadi Taman Nasional sejak 15 Maret 2001. Kamu dapat menyelam sambil menyaksikan lebih dari 200 spesies ikan hias, berbagai jenis satwa laut, seperti ikan Napoleon, Penyu Sisik dan Penyu Hijau, dan tutupan terumbu karang yang rapat. Kepulauan Karimunjawa memiliki sekitar 30 lokasi penyelaman.

4. Derawan, Kalimantan Timur

Di kedalaman 5 meter Kepuluan Derawan, kamu dapat menonton beraneka ragam biota laut, di antaranya cumi-cumi, lobster, ikan pipa, gurita, kuda laut, belut pita, dan ikan scorpion. Sementara pada kedalaman 10 meter terdapat karang yang dikenal sebagai Blue Trigger Wall.

5. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi memiliki 750 jenis koral dengan 25 buah gugusan terumbu karang. The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan Wakatobi sebagai Cagar Biosfer Dunia. Wakatobi memiliki kurang lebih 40 lokasi penyelaman terbaik yang tersebar di wilayah yang berbatasan langsung dengan laut Banda. ***