Hendri Gunawan: Jadikan Masyarakat Stakeholders Pariwisata!

oleh -36 views

PADANG PANJANG (BM)– Potensi pariwisata merupakan salah satu modal berharga dalam meningkatkan laju perekonomian masyarakat di sebuah daerah. Butuh langkah dan strategi khusus untuk menggali dan memaksimalkan semua potensi yang ada.

“Langkah awal, kita harus mengenalnya terlebih dahulu. Mengenali seluruh potensi yang ada secara bersama-sama. Sekaitan ini, tentu dibutuhkan peran serta masyarakat dan orang-orang yang sadar akan kebutuhan wisata itu sendiri,” kata Hendri Gunawan, Caleg DPRD Kota Padang Panjang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam sebuah diskusi di Padang Panjang, Senin (22/10) malam.

Potensi sumber daya alam Kota Padang Panjang terang Hendri, sangat mendukung untuk pengembangan sektor pariwisata. Jika dilengkapi dengan pemahaman pariwisata yang memadai imbuhnya, aset berharga yang dimiliki Kota Serambi Mekkah itu tentu akan memberikan kontribusi besar dalam menggerakkan sektor perekonomian masyarakat, serta mampu meningkatkan kesejahteraan warganya.

“Pemahaman pariwisata tentu tidak dimiliki semua orang, karena hal tersebut merupakan industri. Dalam mempersiapkan sebuah industri, tidak hanya dibutuhkan potensi semata, melainkan juga diperlukan kesiapan dari daerah dan sumber daya yang akan mengelolanya,” ujar Hendri yang berlaga di Dapil I Padang Panjang Barat itu.

Baca Juga :   Sebaran 1.191 Pasien Covid-19 yang Meninggal di 34 Provinsi

Di Padang Panjang sendiri, Hendri melihat jika keberadaan objek wisata terbukti belum mampu menggerakkan perekonomian masyarakat. Selain pengelolaan yang belum maksimal, langkah promosi, desain dan segala aspek pengembangannya, juga belum sepenuhnya mampu dalam menarik minat para wisatawan. Ironisnya, sektor pariwisata di Kota Padang Panjang juga belum mampu menyerap tenaga kerja.

“Padahal jika dikelola maksimal, pariwisata merupakan sektor yang memegang peran paling strategis dalam perekonomian. Dengan multiplier effect yang ditimbulkannya, sudah seharusnya masyarakat makin sejahtera,” tandas Hendri.

Berangkat dari sederetan mimpi-mimpinya, terutama dalam memajukan sektor pariwisata guna meningkatkan laju perekonomian dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Padang Panjang, Hendri mencoba untuk mengenali dan menggali lebih dalam soal keanekaragaman potensi pariwisata yang ada. Upayanya itu, diejawantahkan dalam sebuah event lomba foto kreatif Sahabat Hendri Gunawan, dengan tema “Indahnya Alam Padang Panjang”.

Syarat dan ketentuan lomba foto kreatif Sahabat Hendri Gunawan.

“Saya sebenarnya sudah punya catatan khusus terhadap sejumlah potensi pariwisata yang ada. Konsepnya seperti apa, desainnya bagaimana, semua sudah disiapkan. Namun, langkah ini (lomba foto), juga sangat kita butuhkan untuk menginventarisir potensi-potensi lainnya. Seluruh masyarakat kita undang untuk ikut berperan serta dalam memperkenalkan potensi yang ada di sekitar mereka,” papar Hendri yang berlatar pengusaha itu.

Baca Juga :   Stok Darah PMI di Jakarta Menipis

Dalam sepekan terakhir katanya, sudah banyak masyarakat Padang Panjang yang ikut ambil bagian dalam event lomba foto kreatif yang dibuka sejak 12 Oktober lalu itu. Melihat kondisi tersebut, Hendri menyatakan tidak ada lagi alasan untuk tidak menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu strategi yang tepat dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di Padang Panjang.

“Sekali lagi saya sampaikan, kota ini sangat kaya akan potensi wisata. Baik wisata alam, maupun budaya. Ini hampir tersebar di seluruh kelurahan yang ada,” tandasnya.

Kepada pemerintah daerah, Hendri berharap agar selain masalah visi, juga diperlukan langkah konkrit dalam pengembangan terhadap kualitas produk wisata yang sudah ada saat ini. Selain itu, juga dibutuhkan peningkatan layanan terhadap wisatawan, pembenahan dan pengembangan infrastruktur, melengkapi sarana prasarana pendukung wisata, serta menyiapkan langkah promosi yang dikemas sedemikian rupa.

“Dan yang terpenting, rangkul dan libatkan masyarakat. Jadikan mereka stakeholders dari pembangunan kepariwisataan itu sendiri,” ulas Hendri. (*)

 

Editor: Ryan Syair