Gerakan Pakai Masker Serentak, 1 Juta Siswa Aceh akan Dilibatkan

oleh -31 views

Kabarsiana.com, BANDA ACEH – Pemerintah Aceh dipastikan siap membuka kembali sekolah tatap muka pada Januari mendatang. Bahkan, mulai 2 Desember nanti siswa dan guru sekolah tingkat SD/MI hingga MA/SMA bakal mengadakan aksi memakaikan masker.  Total ada 1.081.174 siswa yang ikut kampanye memakai masker di Aceh.

Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara serentak pada 2 Desember pukul 10.00 WIB. Aksi ini dalam rangka menyukseskan Program Gerakan Masker Sekolah atau GEMAS.

GEMAS merupakan kegiatan bersama yang diinisiasi pemerintah Aceh untuk memutus mata-rantai penyebaran virus corona khususnya di kalangan pelajar sekolah.

“Pada program GEMAS ini, kita menyasar para pelajar. Tujuannya, tentu agar mereka senantiasa memakai masker dalam setiap aktivitas di sekolah sehingga potensi tertular dan menularkan virus bisa dihindari,” kata Taqwallah dalam keterangannya, Senin (23/11).

Taqwallah merincikan, lebih dari sejuta siswa yang ikut gerakan memakai masker ini berasal dari total 3.846 sekolah di seluruh Aceh. Sebanyak 1.169 merupakan sekolah jenjang dasar dan ibtidaiyah, 1.582 SMP-MTS, serta 1.095 SMA-MA.

Baca Juga :   Mengenal Dharmasraya, Kerajaan Kuno di Tanah Minangkabau

Taqwallah mengatakan, pihaknya akan mendistribusikan masker ke seluruh sekolah tersebut, dengan memakai pola distribusi soal ujian.

Taqwallah menegaskan pemberian masker ini bukan sebatas seremonial semata. Lebih dari itu, gerakan ini diharapkan menjadi upaya membudayakan memakai masker di kalangan pelajar sekolah.

“Berharap seluruh pemangku kepentingan khususnya kepala sekolah dan guru untuk mendukung suksesnya kegiatan ini. Apalagi ujung tombak gerakan ini adalah kepala sekolah dan tokoh sukses GEMAS adalah wali kelas,” ungkapnya.(*/kpr)