Forkompimda Canangkan Siak Bebas Api 2020

oleh -208 views

Kabarsiana.com, SIAK – Kabupaten Siak melalui Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) menyatakan, siap menghadapi musim panas yang diprediksi mulai berlangsung pada Februari 2020 dengan menggerakkan seluruh stakeholder (pemangku kebijakan)dan jajarannya, guna memastikan Kabupaten Siak bebas api tahun 2020.

Tak sekadar mencanangkan Siak bebas api saja, Forkompimda dan jajarannya pun siap menggerakkan masing-masing institusi hingga unit terbawah bisa memastikan tak ada lagi kebakaran hutan dan lahan di wilayah itu.

“Pemerintah daerah Siak hingga Penghulu kampung, Polres hingga Babinkamtibmas dan Kodim hingga Babinsa, telah memastikan untuk mensuksskan pencanangan itu,” kata Asisten Tata Praja Pemkab Siak, Budhi Yuwono usai rapat koordinasi Forkompimda Siak kepada Kabarsiana.com.

Pemerintah daerah jelas Budhi telah menginstruksikan hingga Penghulu kampung agar memastikan tak ada lagi kebakaran hutan dan lahan di wilayah itu. Sehingga kerugian yang maha besar bisa dihindari.

Terkait biaya operasional MPA yang berkisar di angka Rp 2 juta per bulan, menurut Budhi memang dirasa belum optimal. Namun demikian, Pemkab Siak kata dia tak bisa memaksakan penambahannya di APBD 2020.

Baca Juga :   Petani Lebak Masih Andalkan Komoditi Jagung

“Yang memungkinkan adalah di anggaran perubahan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Siak, AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya, SIK MM memastikan jajarannya siap mensukseskan kegiatan Siak bebas api 2020.

“Selain kesiapa personil, saya juga telah mengimbau prusahaan yang mmiliki areal lahan di atas 10 ha untuk menambah peralatan pemadam api. Sehingga bisa lebih cepat bergerak saat terjadi musibah kebakaran.

Pihaknya kata Doddy juga akan memastikan tak ada hot spot ataupun fire spot yang terjadi karena disengaja oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Kalau menemukannya, Polres Siak berkomitmen untuk memprosesnya sesuai dengan hukum yang berlaku,” imbuhnya. (*/Can/adri)