Festival Sumarak Minangkabau 2019 Hadir di Blok M Square

oleh -158 views

Kabarsiana.com, JAKARTA – Tingginya populasi perantauan Minang di tanah rantau, khususnya Jabodetabek benar-benar menjadi pasar yang sangat besar dalam rangka sosialisasi dan investasi budaya Ranahminang.

Baru akhir pekan kemarin, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menutup ivent Minangkabau Festival 2019, Jumat hingga Minggu mendatang, kembali hadir pesta rakyat dengan bungkus budaya Ranahminang.

“Akhir pekan nanti, kita himbau seluruh perantauan Minang yang ada di Jabodetabek untuk beramai-ramai datang ke Blok M Square. Karena kami akan hadirkan ivent Rang Minang terbesar di akhir tahun yang kami beri nama Festival Sumarak Minangkabau 2019,” kata Zulhendri Chaniago, salah seorang panitia kepada kabarsiana.com, Selasa (10/12).

Kegiatan yang digelar dalam rangka melestarikan dan mempromosikan pesona budaya Minangkabau dan Melayu, produk UMKM dan kuliner legendaris lainnya itu, grand openingnya akan dibuka oleh Sekretaris Jenderal DPD RI, DR. Drs. Reydonnyzar Moenek., M.Devt.M.

Peserta helat akbar itu adalah 19 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat dengan dihadiri oleh duta besar negara sahabat dan perwakilan dari negeri serumpun yaitu Malaysia, Singapura dan Brunai Darussalam.

Baca Juga :   34 Orang Positif Corona di Indonesia

Kegiatan yang dihelat dari Jumat sampai dengan Minggu (13-15/12) tersebut, akan dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Kegiatan yang dihadirkan oleh panitia, diantaranya adalah pawai budaya Minangkabau, makan bajamba, Minangkabau Mini Expo, pergelaran kesenian Melayu, fashion show authentic Minangkabau, parade busana pengantin Minangkabau, permainan anak nagari dan tentunya beragam kuliner Ranahminang.

“Tak hanya pagelaran seni budaya dan kuliner, panitia juga menghadirkan hiburan permainan KIM, dialog interaktif, talkshow, pertunjukan silat dan tari, seminar budaya, atraksi debus dan keroncong Minang,” jelas perantauan Pesisir Selatan ini.

Selain itu, juga ada hiburan rabab dan saluang, salawat dulang, randai, pemilihan Muda Mudi Minangkabau 2019, Minangkabau Fashion And Food Festival 2019 dan parade obor dan Firework.

Untuk lebih semaraknya kegiatan itu, panitia juga menghadirkan artis Minang seperti Ratu Sikumbang, Rayola, Renima dan artis Melayu. Tak hanya itu, juga akan tampil penyanyi legndaris Indonesia dan mancanegara.

Kegiatan yang digagas oleh Komunitas Muda Mudi Minangkabau dan Kabarantau itu, terbuka untuk umum dan gratis. Sementara untuk informasi acara/ivent/stand dan kerjasama/pertunjukan, dipersilahkan menghubungi Bobi di nomor 081284501546. (ted)

Baca Juga :   Update Corona 13 November: 457.735 Positif, 385.094 Sembuh, 15.037 Meninggal