Eksotisme Batu Batirai Padang Panjang, Surga Tersembunyi di Belantara Serambi

oleh -118 views
Selamat datang di Gua Batu Batirai

RASANYA, tidak semua orang bisa mengetahui bagaimana caranya sebuah kenangan bekerja. Jelas saja, karena ia dengan bebas dan seenaknya keluar masuk dalam kepala. Tapi, sebuah foto, setidaknya telah berhasil membuat kenangan itu masuk dengan patuh, menetap dan tak mau lagi pergi dari ingatan saya.

Foto? Ya, sebuah foto rumah gadang. Rumah adat Minang yang sekaligus menjadi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) Padang Panjang! Saya dapat foto cantik itu dari laman blog pribadi Andy Rajo Batuah, sahabat saya, seorang jurnalis yang juga fotografer ternama Sumatera Barat asal Padang Panjang.

Rumah Gadang di Komplek PDIKM Padang Panjang.

Kenapa harus foto rumah gadang PDIKM? Ya, bagi saya rumah gadang yang berdiri gagah di Silaing Bawah itu, adalah ikon yang sekaligus menjadi pintu masuknya Kota Padang Panjang. Sebuah bangunan sejarah yang sarat akan nilai budaya, yang memang akan selalu mempatrikan ingatan saya pada kota berhawa sejuk itu.

Ingat PDIKM, berarti ingat Padang Panjang dengan segala pernik dan warna warninya!

Bercerita soal Padang Panjang, memang tak akan ada habisnya. Karena bicara tentang Kota Serambi Mekkah, jelas bukan hanya tentang PDIKM saja dan bukan pula soal Mifan Water Park & Resort semata. Padang Panjang, bukan hanya soal Gunung Singgalang dan Marapi yang mengapitnya. Bukan hanya tentang Masjid Asasi, Bukit Tui, Silek Lanyah dan suguhan aneka kuliner lezat yang memantik selera.

Baca Juga :   Pemilik 11.480 Boks Masker di Tangerang Terancam 5 Tahun Penjara
Masjid Asasi di Sigando.

Lebih dari itu, kota kecil seluas 23 kilometer persegi yang juga pernah dikenal dengan julukan Egypte van Andalas-nya itu, juga punya banyak cerita tentang hamparan keindahan alam nan memesona. Ada Talago Sikumbang di Koto Katiak, ada kawasan hutan hujan tropis di Silaing, ada bukit-bukit, ada air terjun tujuh tingkat dan ada pula bentangan sungai yang mengalir bening dari kaki Gunung Singgalang.

Ya, alam Padang Panjang adalah satu di antara sekian banyaknya surga alam di wilayah Sumatera Barat. Sekali lagi, kota ini tidak hanya punya pemandian alam Lubuk Mata Kucing dengan kesejukan airnya yang sudah mendunia, tapi juga ada air terjun, gua dan bentang hutan hijau, yang semuanya adalah mutiara berkilau di tengah rimba yang menawarkan berjuta pesona.

Gua Batu Batirai nan Eksotik

Berlokasi di Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Gua Batu Batirai adalah salah satu destinasi wisata alam paling menarik, unik, dan tentunya rugi jika dilewatkan. Meski letaknya tersembunyi, dan mungkin belum banyak dikunjungi, namun sesungguhnya kawasan di sekitar perbukitan tempat gua ini berlokasi, adalah surganya keindahan alam Padang Panjang. Ya, surga yang tersembunyi di belantara Serambi!

Dinding gua berhiaskan stalaktit, stalagmit dan relief-relief abstrak yang terbentuk secara alami.

Konon, Gua Batu Batirai sudah ditemukan sejak berpuluh-puluh tahun silam. Dinamakan Batu Batirai, karena struktur batu dan ornamen di bagian dalam gua, memang terlihat persis seperti layaknya tirai yang menjulur dan bergelantungan di seluruh bagian dinding dan langit-langitnya.

Baca Juga :   Ancaman 20 Tahun Penjara Menanti Ustadz Pengelola Pabrik Sabu di Lotim

Dengan berhiaskan stalaktit, stalagmit dan relief-relief abstrak yang terbentuk secara alami, Gua Batu Batirai memang memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri. Seperti layaknya ukiran alam yang cantik, serta karakter dan ciri khasnya yang memang tergolong unik, memang telah berhasil membuat banyak orang penasaran. Ya, Gua Batu Batirai memang satu-satunya gua yang menyajikan pemandangan eksotik dengan susunan batu-batu runcing pada bagian lantai dan langit-langitnya.

 

Pemandangan eksotik dengan susunan batu-batu runcing pada bagian lantai dan langit-langit Gua Batu Batirai.

Khusus bagi Anda para penyuka wisata alam, Gua Batu Batirai tentunya bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi saat di Padang Panjang. Meski sedikit harus menguras tenaga untuk sampai ke lokasi, namun hamparan pemandangan indah dan sejuknya udara di sepanjang perjalanan saat menyusuri hutan belantara, dipastikan tidak akan membuat perjuangan Anda menjadi sia-sia.

Sembari bebas mencecap habis wanginya aroma pepohonan, Anda juga dipastikan akan dibuat terlena oleh nyanyian merdu suara alam selama bertualang. Sambil terus menyeruput udara segar di tengah keheningan dan sejuknya hutan rimba, Anda juga bisa mengabadikan setiap momen-momen indah dengan latar panorama alam yang sungguh tiada dua.

Air terjun tujuh tingkat menjulang gagah di kawasan Batu Batirai.

Yang pasti, letih dan penat Anda setelah berhasil menaklukkan medan jalan setapak penuh tantangan yang diperkirakan menghabiskan waktu tempuh tidak kurang dari 30 menit dari titik start di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sungai Andok itu, benar-benar akan terbayarkan setelah Anda tiba di sana.

Baca Juga :   TNI Gagalkan Penculikan Siswi SD di Perbatasan RI-Malaysia

Rhobi Hendra (29), Ketua Ikatan Pemuda Pemudi Sungai Andok Kelurahan Kampung Manggis mengatakan, Gua Batu Batirai memang diakui paling cocok bagi para penyuka wisata minat dan petualangan. Medan yang agak sedikit ekstrem, dipastikan akan mampu dalam memacu dan membangkitkan adrenalin para penjelajah untuk bisa sampai ke lokasi.

“Selain wisata alam, potensi Gua Batu Batirai ini sebenarnya juga layak untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga dan wisata edukasi di Padang Panjang. Tinggal bagaimana pemerintah daerah bisa menyulap dan mengembangkannya menjadi sebuah objek wisata yang benar-benar harus dan wajib untuk dikunjungi,” kata Rhobi, yang mengaku sudah berulang-ulang kali mencecap eksotisme Gua Batu Batirai itu.

Sensasi bertualang menuju Gua Batu Batirai.

Menikmati cumbuan alam perbukitan Kampung Manggis Padang Panjang Barat adalah sebuah impian. Namun, menikmati ikon dan pesona wisata Kota Padang Panjang lainnya, juga menjadi sebuah keharusan. Nah, tunggu apa lagi? Tidakkah Anda ingin berlarut-larut dalam pesona Gua Batu Batirai nan eksotik itu? Tentunya ingin bukan? Selamat bertualang! (Ryan Syair)

Tulisan ini pernah dimuat di Harian Haluan. Juara sayembara penulisan potensi wisata Padang Panjang 2016.