Drainase Buruk Sebabkan Ratusan Rumah Terendam di Solok

oleh -43 views

Kabarsiana.com, SOLOK — Derasnya hujan yang mengguyur Kota Solok dan tersumbatnya drainase mengakibatkan sejumlah rumah terendam banjir. Salah satu kawasan yang terendam air berada di Perumahan Nusa Indah dan Rimbo Barantai, Sawah Piai, Kelurahan Tanah Garam, pada 00.10 WIB, Selasa (3/12).

Kalaksa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, Kenfilka mengatakan, hujan deras sejak malam di Kota Solok, dan Kabupaten menyebabkan meningkatnya debit air. Namun, hal itu tidak didukung dengan drainase yang lancar. Dia menyebut, wilayah lain yang ikut terendam banjir berada di Kelurahan Koto Panjang.

Di lokasi ini, Sungai Batang Lembang meluap sehingga berdampak pada sejumlah rumah yang berada di bantaran.

“Tim telah melakukan evakuasi ke warga yang terdampak, yakni sebanyak 3 kepala keluarga dengan 13 orang. Sementara untuk kerugian materil masih dalam pendataan,” ujar Kenfilka.

Dia menyampaikan, upaya yang dilakukan BPBD Kota Solok dengan menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama PMI dan pihak kebencanaan serta masyarakat membantu evakuasi peralatan rumah tangga milik warga.

Baca Juga :   Bawaslu: Gubernur Maluku Utara Langgar Kode Etik

Selain itu, juga dilakukan pembersihan saluran drainase dan pendistribusian peralatan higienis untuk anak-anak yang membutuhkan serta warga. Hingga Selasa siang, hujan terpantau masih mengguyur Kota Solok. (*)