Curug Kondang, Fantasi Alam di Pamijahan, Bogor

oleh -38 views

WEEKEND ini berencana untuk pergi ke Bogor? Sebaiknya kamu kunjungi kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, yang berada di Pamijahan Bogor.

Karena di kawasan tersebut banyak sekali tempat wisata air yang harus kamu kunjungi, dengan jalur trekking mulai dari yang mudah hingga yang cukup melelahkan.

Salah satu wisata air yang harus kamu nikmati ialah Curug Ngumpet 2 atau sekarang bernama Curug Kondang. Dimana curug ini memiliki aliran air yang cukup deras serta keadaan alamnya yang masih sangat alami.

Trekking Menuju Curug Kondang
Perjalanan yang akan kamu lalui ketika hendak menuju Curug Kondang cukup mudah, karena Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) sangat populer sehingga kamu tidak perlu khawatir kesasar.

Ketika kamu mulai memasuki area TNGHS kamu akan mulai memasuki kawasan yang sejuk dengan rindangnya pepohonan di sepanjang jalan.

Udara yang sangat menyegarkan jauh berbeda dengan udara di perkotaan, suasananya sangat menyejukkan. Kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang akan membawamu menuju Curug Kondang atau Curug Ngumpet 2.

Baca Juga :   Pantai Punagaan, Pesona Bumi Selayar

Udara yang sangat menyegarkan jauh berbeda dengan udara di perkotaan, suasananya sangat menyejukkan. Kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang akan membawamu menuju Curug Kondang atau Curug Ngumpet 2.

Setelah tiba di tempat parkir kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, trekking yang akan kamu lalui yakni menyusuri jalan setapak di sepanjang aliran sungai yang mengalirkan air sangat jernih.

Kondisi jalannya masih berupa bebatuan namun sudah tertata dengan rapih dengan pegangan disepanjang jalan. Jalurnya pun cukup landai, hanya ada beberapa yang menanjak namun tidak terlalu melelahkan.

Jalurnya tak terlalu lebar, terkadang kamu harus memiringkan badan jika berpapasan dengan pengunjung dari arah yang berlawanan.
Namun disepanjang perjalanan kamu akan dapat mendengarkan aliran sungai yang bergemuruh dengan keadaan alam yang masih sangat alami.

Udaranya cukup dingin bahkan bisa berkabut ketika setelah turun hujan, siapkan baju hangat jika berkunjung ke Curug Kondang.

Jalur trekkingnya dapat dilalui oleh orang tua maupun anak-anak. Selain jalurnya yang cukup landai, waktu tempuhnya pun tak terlalu lama, yakni hanya sekitar 15 sampai 20 menit saja.

Baca Juga :   Pantai Nihiwatu, Surga Privasi nan Tersembunyi

Akhir jalurnya akan membawamu menuju keindahan Curug Kondang, suara deburan airnya dapat kamu dengarkan dari kejauhan.

Pesona Keindahan Curug Kondang
Curug Kondang awalnya bernama Curug Ngumpet 2, untuk membedakan dengan Curug Ngumpet yang lainnya. Diberi nama Curug Ngumpet 2 dikarenakan lokasi curugnya yang tersembunyi, namun kemudian berganti nama menjadi Curug Kondang.

Curug artinya air terjun sedangkan Kondang berarti terkenal, mungkin maksudnya Curug Kondang akan semakin terkenal sehingga banyak orang datang mengunjungi keindahannya.

Curug Kondang memiliki ketinggian sekitar 20 meter, mengalir diantara tebing batu yang ditumbuhi banyak pepohonan liar.

Aliran airnya cukup deras sehingga menimbulkan buih yang berwarna putih di akhir alirannya. Di bawahnya terdapat kolam alami yang cukup lebar dengan kedalaman bisa mencapai 4 meter.

Aliran airnya bersih dan jernih, kolam disekitar jatuhnya air bahkan berwarna hijau indah sekali. Namun jika setelah turun hujan yang cukup lebat, kondisi airnya akan berwarna kecoklatan karena membawa unsur tanah.

Sekeliling Curug Kondang masih ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang, suasana yang asri sehingga rasa tenang akan kamu dapatkan.(*/ntv)