Curug Kiara, Surga Tersembunyi di Kota Hujan

oleh -25 views

BOGOR merupakan surganya curug atau air terjun yang indah. Salah satunya Curug Kiara yang terletak di kawasan Gunung Menir, Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Curug Kiara merupakan curug tersembunyi yang menyuguhkan pemandangan alami nan asri. Diapit oleh dua tebing tinggi, debit airnya cukup deras lalu mengalir ke sungai di bawahnya.

Sungai dengan batu-batu besar itu digunakan sebagai tempat main air, berenang, foto-foto atau sekadar santai menikmati semilir angin dan suara air jatuh. Kawasan ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang asri sehingga udara di sekitarnya masih sejuk.

Jika tertarik mengunjungi curug ini, wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Tak hanya itu, jalurnya pun sangat ekstrem hingga dapat memacu adrenalin Anda.

Dilansir dari akun Instagram @mistersuu, untuk sampai ke lokasi curug dibutuhkan estimasi perjalanan sekira 45 menit dari pintu masuk dengan berjalan kaki melewati persawahan, perkebunan dan hutan.

Bagi penggemar kegiatan adrenalin dan pencinta alam, menyusuri Curug Kiara akan sangat menarik. Jalan setapak, saluran air, tanjakan dan turunan yang curam, hingga jembatan bambu dan tangga tradisional dengan kemiringan hampir 90 derajat menanti untuk dilewati.

Baca Juga :   Lotek, Kuliner Tradisional yang Tak Kenal Zaman

“Curug ini tidak diperuntukkan untuk anak-anak atau kamu yang penakut. So, siapkan mental dan fisik kamu sebelum ke sini karena Curug ini merupakan curug terekstrem di Bogor,” dikutip dari video di akun Instagram @mistersuu.

Untuk tiket masuk ke Curug Kiara cukup membayar Rp10 ribu saja, serta biaya parkir sebesar Rp10.000 untuk mobil dan Rp5 ribu untuk motor. Tak jauh dari lokasi Curug Kiara terdapat tiga curug lain yakni Curug Bidadari, Curug Susun dan Curug Batu Ampar.

Adapun fasilitas di sini sangat minim, jadi disarankan membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Jika akan singgah ke Curug Kiara, jangan lupa gunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman ya. (*/dwk)