China Pulangkan 155 ABK WNI dan 2 Jenazah ke Indonesia

oleh -43 views

Kabarsiana.com, BITUNG – Pemulangan 155 ABK WNI dan 2 jenazah dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) berhasil dilakukan atas kerjasasama RI-RRT. Proses debarkasi berlangsung dengan pengamanan yang ketat di Dermaga LCT Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara.

Kepulangan 157 ABK WNI termasuk 2 jenazah yang bekerja pada berbagai kapal ikan berbendera RRT ke indonesia, difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang telah berkoordinasi dengan kementrian, lembaga di pusat, pemprov Sulawesi Utara dan Pemkot Bitung, melalui jalur laut.

Seluruh ABK tersebut berasal dari 12 kapal ikan RRT kemudian dipulangkan ke Indonesia menggunakan kapal Long Xing 601 dan Long Xing 610, yang berlabuh di Pelabuhan Bitung, Jumat 6 November. Selanjutnya Sabtu pagi tadi, 155 ABK WNI dan 2 jenazah dibawa oleh landing craft tank (LCT) ke Dermaga LCT Pelabuhan Bitung.

Proses debarkasi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh ABK tersebut sudah dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif, namun mereka masih akan melakukan tes PCR dan karantina di rumah singgah yang disiapkan Pemprov Sulut.

Baca Juga :   Bos PT Sharleen Raya, Hong Artha Ditahan KPK

“Sementara itu, 2 jenazah ABK WNI akan menjalani proses autopsi di RS Bhayangkara Manado,” jelas Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Keml, Yudha Nugroho.

Sementara itu, kepala KSOP Bitung, Mursidi mengatakan terkait lokasi pelaksanaan repatriasi ABK WNI ini ada beberapa pilihan.

“Namun Pelabuhan Bitung menjadi pilihan tepatnya di Dermaga LCT karena akan melibatkan transportasi laut landing craft tank atau LCT,” jelasnya.

Sementara itu, pengamanan dilakukan secara ketat oleh gabungan personil TNI Polri, saat proses debarkasi berlangsung di dermaga LCT Pelabuhan Bitung.

Repatriasi menggunakan kapal ikan ke indonesia di tengah situasi pandemi covid 19 merupakan yang pertama kali dilakukan. (*/kha)