Bukit Mendelem, Destinasi Menantang di Pemalang

oleh -14 views

BAGI Anda yang menyukai wisata petualangan, maka Pemalang, Jawa Tengah, bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Kawasan yang terletak di pesisir pantai utara itu, memang lekat dengan udara yang panas.

Namun, jika sedikit bergerak ke arah selatan, maka kita akan menemukan wisata pegunungan yang berudara sejuk dan segar. Kali ini, cobalah jajal wisata yang memacu adrenalin yang ada di Bukit Mendelem di kawasan wisata Taman Rancah, yang berjarak sekitar 42 Kilometer dari Kota Pemalang.

Untuk diketahui, kawasan wisata Taman Rancah ini adalah wahana verrata tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Gunung Parang yang ada Purwakarta. Wahana ini memang cukup fenomenal hingga membuat wisata di bukit ini menyabet gelar Anugerah Pesona Indonesia kategori wisata petualangan pada tahun 2019.

Sebagai informasi, Bukit Mendelem dikenal juga dengan julukan Gunung Jimat, karena ternyata di kawasan ini juga terdapat makam-makam keturunan raja dan petilasan para wali.

Jika kita berhasil mencapai puncak bukit, maka kita akan mencapai spot terbaik menikmati panorama Gunung Slamet yang menjulang indah di sebelah barat daya.

Baca Juga :   Pemko Padang Baru Rekomendasikan 58 Restoran Bagi Wisatawan

Untuk berpetualang via Verrata itu, tarif yang dipatok tidak terlalu mahal, yaitu berkisar Rp 40.000 hingga Rp100.000 per orang sesuai panjang jalur yang ditempuh.

Bukit Mendelem sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.450 Meter di atas permukaan laut. Meski membutuhkan ketahanan fisik dan kewaspadaan yang tinggi, namun petualangan kali ini terbayar oleh sejuknya udara dan keindahan alam yang tersaji sepanjang perjalanan. Karena kita harus melewati beberapa jembatan atau bagian tebing yang memiliki kemiringan hingga 90 derajat.

Pasalnya, jika kita melihat ke bawah, maka bulu kuduk langsung berdiri karena saking tingginya posisi kita. Namun tidak usah khawatir, karena para guide profesional akan menuntun dan memberikan arahan demi keselamatan pendaki.

Setelah sekitar 3 jam mendaki, kita akan tiba di puncak bukit. Disini rasa lelah seperti hilang, saat disuguhi keindahan Gunung Slamet yang menjulang kokoh dan hijaunya hamparan pepohonan yang memesona.

Puas menikmati keindahan alam yang ada di puncak bukit, kalian akan diuji adrenalinnya saat turun bukit. Dengan menuruni bukit menggunakan teknik rappelling yaitu menuruni bukit dengan menggunakan tali. Meski memakan waktu lebih cepat ketimbang saat mendaki via verrata, namun tetap saja mampu memacu jantung lebih cepat.

Baca Juga :   Pulau Tabuhan Bakal Jadi Destinasi Kelas Dunia

Puas menikmati keindahan alam dari atas Bukit Mendelem, anda bisa menjelajah Hutan Penggarit, yang terletak di Kecamatan Taman dan Kecamatan Ampelgading dengan mengendarai mobil offroad. Selamat menikmati. ***