Bongkar Makam dan Mandikan Jenazah Pasien Covid-19, 25 Warga Desa Mopait Diperiksa

oleh -20 views

Kabarsiana.com, BOLAANG MONGONDOW – Sejumlah warga Desa Mopait, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara terpaksa menjalani pemeriksaan akibat menggali kubur lalu memandikan jenazah pasien positif Covid-19.

Wakapolsek Lolayan Ipda Selmedri Meideke mengatakan, tracing dilakukan setelah dikeluarkannya hasil swab test dari seorang jenazah yang meninggal pada Selasa 3 November 2020. Almarhum telah dimakamkan dengan protokol penanganan Covid 19.

“Namun sayangnya setelah dilaksanakan pemakaman tersebut pihak keluarga beserta beberapa masyarakat Desa Mopait, melakukan penggalian kubur kemudian memandikan jenazah di rumah duka di Desa Mopait,” kata Wakapolsek Lolayan, Kamis (11/11)

Polsek Lolayan beserta Koramil 04 Lolayan kemudian mendampingi petugas medis dari Puskesmas Tungoi 1 untuk melaksanakan tracing kontak terhadap 25 orang yang terlibat langsung dalam penggalian dan pemandian jenazah.

“Mereka masing-masing didatangi satu per satu di rumahnya dan dilaksanakan pengecekan suhu tubuh oleh petugas kesehatan dan dihimbau untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah,” ujar Wakapolsek.

Wakapolsek Lolayan bersama Babinkamtibmas mengimbau warga tersebut tidak keluar rumah dan sementara tidak berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga :   7 Ribu Nyawa Melayang Akibat Kebrutalan Polisi AS dalam Rentang 2013-2019

Turut hadir mendampingi petugas medis melaksanakan tracing bersama Kepala Puskesmas Tungoi Herlian Mokorimban, S.Kep, Sangadi Mopait Ruslan Bonuot, SE, Empat Anggota Polsek Lolayan, dan tiga Anggota Koramil 04 Lolayan. (*/qlh)